Selamat Datang di Blog Creativepio | Mari Berbagi | Terimakasih Atas Kunjungannya....!!

Tips Menguasai Teknik Panning

Posted by Unknown Jumat, 05 Oktober 2012 0 komentar
belajar teknik panning dalam fotografi

Salah satu teknik yang menarik dalam fotografi adalah “Panning”. Banyak fotografer pemula mungkin bertanya-tanya apa itu panning? Panning sangat sederhana, hanya mengatur kecepatan rana, aperture, memegang kamera anda dan ikuti subjek bergerak. Tebak apa yang akan anda dapatkan? Sebuah subjek yang tajam dengan latar belakang blur. Tentu saja, anda mungkin berpikir dan mengatakan ini sangat mudah, tapi bagi pemula teknik ini lumayan sulit.

Berikut adalah beberapa tips tentang cara menguasai teknik panning dan menemukan kesenangan dari menggunakannya.

Shutter speed lebih lambat

Mengatur shutter speed lebih lambat dari kecepatan normal, tapi ingat, bukan yang paling lambat karena anda akan berakhir dengan kamera yang bergoyang. Misalnya, untuk mengambil gambar mobil yang bergerak, anda dapat mencoba kecepatan 1/60 dan kedua bermain-mainlah sampai mendapatkan gambar terbaik. Mulailah dengan 1/30 detik untuk subjek bergerak seperti orang yang sedang berjalan atau bersepeda. Lebih cepat shutter speed, background nya akan lebih jelas, gerakan akan sangat berkurang.

Autofokus

Aktifkan fungsi auto fokus kamera, tekan setengah tombol shutter untuk mengunci, bidik dan ikuti subjek bergerak. Biarkan panning berlanjut setelah tombol shutter sepenuhnya ditekan, sehingga motion blur yang halus dapat dicapai dari awal sampai akhir gambar.

Pilih lokasi yang tepat

Pilih lokasi yang tepat untuk teknik panning ini. karena ini memainkan peran penting dalam mendapatkan gambar terbaik. Tempat tersebut harus aman dan tanpa hambatan untuk panning. Anda juga dapat menggunakan lensa tele 85mm untuk menjaga jarak tertentu saat pemotretan. Hindari background yang berantakan atau terlalu terang dalam warna, karena ini akan membuat subjek anda kurang menarik.

Sejajar dengan subjek

Posisi kamera harus sejajar dengan subjek yang akan anda potret. Hal ini membantu dalam hal fokus untuk memperoleh subjek yang jelas dalam gambar.

Berikan ruang yang cukup untuk subjek

Faktor penting lain yang harus anda pertimbangkan adalah memberikan lebih banyak ruang untuk subjek. Tidak cukup ruang untuk subjek akan memberikan kendala tertentu.

Menggunakan monopod / tripod
Cobalah untuk menggunakan monopod atau tripod selama sesi pemotretan untuk menghindari subjek buram atau kurang fokus pada hasil gambar.

Latihan membuat sempurna

Sekarang, ambillah kamera, pergi ke jalan dan mulai berlatih panning. Setelah mencoba beberapa kali, anda harus dapat menguasai teknik ini dan mendapatkan gambar yang fantastis. Kadang, blur sedikit bisa menambah perasaan gerak pada subjek.



Sumber : http://teknikfotografi.org
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Tips Menguasai Teknik Panning
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://creativepio.blogspot.com/2012/10/tips-menguasai-teknik-panning.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Modified by info update - Panduan Blogging SEO. Original by Bamz | Copyright of Creativepio Lombok Island.