Selamat Datang di Blog Creativepio | Mari Berbagi | Terimakasih Atas Kunjungannya....!!

Tips Fotografi Hitam Putih Untuk Pemula

Posted by Unknown Jumat, 05 Oktober 2012 0 komentar
Fotografi hitam putih memiliki daya tarik tersendiri bagi banyak orang. Bahkan non-fotografer pun sering tertarik pada foto hitam putih yang bagus. Ketika mulai memotret dengan fotografi hitam putih, Anda mungkin menemukan karakter pada subjek Anda yang tidak begitu mudah terungkap dalam sebuah foto berwarna.

Untuk fotografer digital, fotografi hitam putih tidak lebih dari fotografi berwarna yang diubah oleh software. Namun, seorang fotografer yang serius akan memberitahu Anda bahwa foto hitam putih terbaik yang diambil ketika sang fotografer memang berniat mengatur gambar hitam putih sebelumnya. Hal ini menciptakan pola pikir yang sama sekali berbeda dalam hal bagaimana Anda memilih dan pendekatan kepada subjek.

Jika Anda belum pernah serius mempelajarifotografi hitam putih, berikut adalah beberapa tips fotografi sederhana untuk membantu Anda memulainya.

Tips Fotografi Hitam Putih Pertama: Memilih Sebuah Subjek.

Beberapa subjek memang bagus jika berwarna dan tidak terlalu efektif dalam hitam putih. Misalnya, foto matahari terbenam yang bergantung pada warna langit untuk hasilnya, dan jarang menghasilkan foto hitam putih yang baik. Burung berwarna-warni, bunga ataupun fashion. Ada saatnya ketika satu-satunya pendekatan logis adalah untuk memotret subjek secara berwarna. Di sisi lain, beberapa subjek secara ideal memang cocok untuk fotografi hitam putih.

Karena ini adalah sebuah media ‘jaman dulu’, hal ini sering berhasil dengan baik dengan benda-benda yang terlihat kuno. Benda yang berkarat, seperti peralatan pertanian tua, sebuah gubuk yang hampir roboh, pagar kayu tua, dll. Semuanya bisa menjadi subjek untuk foto hitam putih.


Ketika memotret orang, usia juga bisa menjadi faktor. Sebuah foto close-up orang tua yang menunjukkan semua garis dan lipatan pada wajah mereka dapat memiliki dampak yang lebih besar dalam warna hitam putih. Jika garis-garis pada wajah memberikan karakter pada gambar, Anda perlu memastikan pencahayaan dari sudut yang menghasilkan bayangan pada lipatan wajah. Dengan demikian Anda mungkin melihat pencahayaan dalam fotografi hitam putih yang akan dianggap tidak menarik dan tidak cocok untuk foto warna.

Selain itu, Anda akan menemukan banyak subjek bagus setelah Anda memulai fotografi hitam putih.

Tips Fotografi Hitam Putih kedua: ‘Melihat’ Subyek Anda Dalam Hitam Putih.

Saat pertama kali melakukan pendekatan pada subjek Anda, Anda perlu membayangkan bagaimana jika terlihat tanpa warna. Cobalah untuk melihatnya dari segi garis dan bentuk, bayangan dan kontras. Anda akan mulai melihat subjek Anda dari sudut baru. Atau memotret subjek dari sudut yang mungkin tidak pernah dipertimbangkan sebelumnya. Satu hal yang pasti, setelah Anda masuk ke dalam fotografi hitam putih, kamera Anda akan mengekspresikan karakter subjek dalam cara yang sama sekali berbeda.

Tips Fotografi Hitam Putih ketiga: Gunakan Cahaya Untuk Meningkatkan Dampaknya.

Karena foto hitam putih banyak mengandalkan pada bayangan untuk menentukan bentuk dan detail, pendekatan Anda terhadap pencahayaan dapat membuat sebuah foto yang sangat bagus atau bisa juga menghancurkannya.

Anda mungkin pernah mendengar aturan bahwa fotografi lanskap yang terbaik dilakukan di awal atau di akhir hari ketika matahari rendah dengan cahaya yang lembut. Nah, dalam fotografi hitam putih justru sebaliknya. Untuk membuat definisi yang lebih baik pada subjek, mengambil foto pada tengah hari untuk menciptakan bayangan yang lebih kuat gunanya untuk menekankan garis dan bentuk dalam komposisi. Dan coba juga untuk mengambil foto secara langsung ke arah matahari, untuk menghasilkan siluet yang membuat sebagian besar pohon dan bentuk kuat lainnya terhadap langit.

Itulah tiga tips yang sangat sederhana untuk fotografi hitam putih. Perhatikan bahwa itu semua tentang pendekatan kreatif, bukan tentang pengaturan dan teknik kamera. Bahkan sering kali, fotografi hitam putih tidak memerlukan keahlian teknis yang berbeda dari fotografi warna. Untuk mengambil foto hitam putih lebih baik, Anda tidak perlu perlu mengubah cara Anda menggunakan kamera.

Sebaliknya, Anda hanya perllu mengubah cara Anda melihat subjek, dan bagaimana Anda dapat menggunakan cahaya, nuansa dan komposisi untuk menangkap karakter fotografi hitam putih yang ditawarkan.



Sumber : http://teknikfotografi.org
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Tips Fotografi Hitam Putih Untuk Pemula
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://creativepio.blogspot.com/2012/10/tips-fotografi-hitam-putih-untuk-pemula.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Modified by info update - Panduan Blogging SEO. Original by Bamz | Copyright of Creativepio Lombok Island.