Selamat Datang di Blog Creativepio | Mari Berbagi | Terimakasih Atas Kunjungannya....!!

Teknik Memotret Sunset atau Matahari Terbenam

Posted by Unknown Jumat, 05 Oktober 2012 0 komentar

Memotret sunset atau matahari terbenam adalah salah satu objek favorit orang yang menyukai fotografi, baik amatir atau profesional. Kemana pun mereka pergi, orang-orang senang untuk melihat matahari terbenam sambil bersantai di akhir hari, dan ketika ada kesempatan, mereka tidak akan ragu untukmemotret matahari terbenam dengan kamera digital mereka.

Menurut para ahli, untuk memotret sunset atau matahari terbenam tidak begitu sulit. Dengan beberapa teknik sederhana, setiap pemilik kamera dapat mencapai gambar yang indah terlepas dari dimana lokasi mereka.

Perencanaan untuk memotret sangat penting. Sebagian besar gambar matahari terbenam biasanya diambil secara mendadak, ketika orang ingat bahwa mereka ingin memotret pemandangan tersebut. Tetapi jika Anda bisa, mengapa tidak berpikir sebelumnya. Rencanakan dimana Anda akan mengambil gambar dan melakukannya sehari atau dua hari ke depan.

Anda harus mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, sehingga Anda dapat mempersiapkannya dengan baik. Ingat, bahwa matahari terbenam hanya membutuhkan waktu setengah jam. Jadi, lebih baik dipersiapkan untuk itu agar mendapatkan pemandangan yang indah.

Langkah berikutnya adalah untuk menentukan komposisi. Jika Anda memotret pada jarak fokus yang berbeda, Anda dapat membuat gambar landscape atau dengan memotret fokus pada matahari itu sendiri. Dalam hal ini, lensa sangat dibutuhkan.

Anda juga dapat mengambil siluet pada foto matahari terbenam sebagai titik fokus. Hal ini menciptakan efek yang sangat dramatis. Untuk tujuan ini, Anda dapat menggunakan apapun yang merupakan bagian dari lingkungan, mulai dari pegunungan, pepohonan hingga perahu layar dan kapal-kapal yang lewat.

Aspek eksposur juga harus dipertimbangkan agar Anda menangkap keindahan cahaya saat matahari terbenam. Apa yang dapat Anda lakukan adalah mengganti kamera Anda ke mode shutter priority atau mode aperture. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengambil gambar yang berbeda di berbagai eksposur, sehingga mencapai hasil dan efek yang berbeda untuk gambar Anda.

Untuk hasil terbaik, Anda dapat menggunakan tripod. Hal ini terutama penting jika Anda memiliki shutter speed rendah dan memotret dengan panjang fokus yang lebih jauh.

Juga, teruslah memotret saat matahari terbenam. Ini akan memberi Anda kesempatan untuk menangkap warna yang berbeda. Sekali lagi, gunakan eksposur berbeda dan panjang fokus untuk variasi.

Dan sementara matahari perlahan turun, mengapa tidak mengambil foto dari pemandangan di sekitar Anda juga. Ada begitu banyak pemandangan yang dapat diambil dengan cahaya ke emasan yang masih bersinar, ambillah keuntungan dari kesempatan itu.

Menikmati pengalaman memotret matahari terbenam. Ini adalah waktu terbaik untuk bersantai. Tetapi jika Anda perlu, ambilah kesempatan untuk menangkap pemandangan indah dan Anda tidak akan pernah melupakan saat itu.


Sumber : http://teknikfotografi.org
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Teknik Memotret Sunset atau Matahari Terbenam
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://creativepio.blogspot.com/2012/10/teknik-memotret-sunset-atau-matahari.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Modified by info update - Panduan Blogging SEO. Original by Bamz | Copyright of Creativepio Lombok Island.