Selamat Datang di Blog Creativepio | Mari Berbagi | Terimakasih Atas Kunjungannya....!!

Badai Matahari Hasilkan Cahaya Terang di Langit Utara

Posted by Unknown Senin, 01 Oktober 2012 0 komentar

Titik cahaya yang berada di langit bagian utara, seperti yang tampak pada "pertunjukan" cahaya di kutub pada minggu lalu, merupakan efek dari badai matahari. Menurut para ahli tata surya, cahaya tersebut muncul satu kali dalam sebulan dalam periode waktu satu hingga dua tahun.

Energi yang dihasilkan oleh badai matahari bersinggungan dengan medan magnet sehingga menghasilkan cahaya aurora yang indah pada pekan lalu. National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) mengkategorikan badai matahari tersebut ke dalam skala S3 yang dihitung dari S1 hingga S5. Peningkatan nilai skala ditandai dengan tingkat salvo atau semburan cahaya yang muncul.

Pakar cuaca dari University of Michigan, Tamas Gombosi, menerangkan semburan cahaya yang dihasilkan oleh badai matahari. “Peningkatan siklus badai matahari akan menghasilkan banyak badai,” ujarnya. Ia menambahkan, terjadinya erupsi pada matahari merupakan suatu peringatan.

Menurut Gombosi, siklus yang lambat tetap dapat menghasilkan badai. Ia memperkirakan badai matahari akan mencapai titik normal pada 2013 yang merupakan bagian dari siklus 11 tahunan. Siklus tersebut meningkatkan intensitas gas pada matahari yang suhunya dapat mencapai 9.940 derajat Fahrenheit.

Pada kondisi tersebut, medan magnet di permukaan matahari akan beradu dan diibaratkan seperti benang kusut sehingga akan menghasilkan bintik yang suhunya mencapai 5000 derajat Celsius. Bintik matahari yang ditutupi medan magnet tersebut akan memuntahkan ledakan berupa partikel dan radiasi yang kuat ke ruang angkasa.

Phillip Chamberlin, ilmuwan dari Solar Dynamics Observatory, bagian dari NASA Goddard Space Flight Center di Greenbelt, menjelaskan fenomena ledakan partikel titik-titik matahari. “Ledakan partikel yang tampak berbentuk kerucut dan pada puncaknya berlangsung terus-menerus selama tujuh menit. Itu adalah hal yang luar biasa", ujarnya.

Puncak badai matahari yang berlangsung pada 24 Januari ini mengganggu sistem satelit di wilayah yang berdekatan dengan Kutub Utara.

Cahaya yang bermunculan di langit utara adalah hasil dari hantaman partikel matahari yang menyentuh medan magnet Bumi.

“Ada sebagian badai yang mencapai Bumi hanya sampai ke laut, tidak menyentuh daratan,” Gombosi menambahkan.


Sumber : http://forum.viva.co.id

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Badai Matahari Hasilkan Cahaya Terang di Langit Utara
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://creativepio.blogspot.com/2012/10/badai-matahari-hasilkan-cahaya-terang.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Modified by info update - Panduan Blogging SEO. Original by Bamz | Copyright of Creativepio Lombok Island.