Selamat Datang di Blog Creativepio | Mari Berbagi | Terimakasih Atas Kunjungannya....!!

Metode Fotografi Kecepatan Tinggi

Posted by Unknown Jumat, 05 Oktober 2012 0 komentar
Apakah Anda pernah bertanya-tanya bagaimana fotografer mampu menangkap percikan air, balon yang meledak atau sebuah peluru yang menabrak buah?


Tujuan dari fotografi kecepatan tinggi adalah menangkap objek yang bergerak. Anda dapat memotret peristiwa dan mengikuti urutannya dengan prediksi. Anda dapat mendeteksi pemicu, menunggu kejadian dan mengambil gambar.

Ada dua metode untuk fotografi kecepatan tinggi dengan timer. Metode pertama menggunakan shutter kamera. Metode kedua menggunakan lampu kilat elektronik.

Metode shutter

Keuntungan utama dari metode shutter adalah dapat digunakan di luar ruangan. Subjek dan latar belakang dapat sepenuhnya terang. Karena shutter digunakan untuk membekukan gerakan subjek, ia menawarkan kecepatan terbatas. Kecepatan maksimum dari shutter bisa berkisar dari 1/4000sec hingga 1/8000sec, dalam beberapa moment mungkin tidak cukup cepat (objek yang bergerak cepat akan menjadi buram).

Selain itu, pada kamera yang memiliki focal plane shutter, celah kecil bergerak melintasi bidang foto pada kecepatan jauh lebih lambat (1/250), sehingga mengekspos bagian yang berbeda dari bidang foto pada waktu yang sedikit berbeda.

Akhirnya, ada penundaan antara rilis shutter dan eksposur yang sebenarnya. Bisa jadi sekitar 100ms atau lebih (tergantung kamera). Selain itu mungkin ada variasi kecil dalam waktu setiap kali kamera mengambil gambar. Oleh karena itu, metode ini tidak bisa digunakan ketika ketepatan waktu sangat benar-benar diperlukan.


Metode flash atau lampu Kilat

Metode kedua fotografi pada kecepatan tinggi adalah metode flash atau lampu kilat. Gambar diambil dengan shutter kamera yang sedang terbuka, mengaktifkan lampu kilat dan menutup shutter. Gambar harus diambil di ruangan yang gelap. Karena ruangan yang gelap, waktu eksposur yang lama tidak akan memiliki efek pada hasil akhir. Durasi lampu flash kini menjadi waktu bukaan yang sebenarnya.

Keuntungan utama dari metode flash adalah kecepatan eksposur dan ketepatan waktu yang lebih baik. Lampu flash elektronik mampu memberikan jangka waktu dari 1/10, 000 atau lebih cepat.

Jeda antara pemicu dan flash strobe tidak signifikan. Kerugian dari metode ini adalah gambar harus diambil di ruangan gelap untuk menghindari over eksposur. Juga karena lampu kilat digunakan untuk membuat eksposur, mungkin lebih sulit untuk memberikan pencahayaan yang seimbang atau untuk menerangi latar belakang.

Peralatan:

Anda akan membutuhkan tiga komponen dasar untuk memotret pada kecepatan tinggi:
1. Kamera.
2. Flash.
3. Timer dengan sensor.



Sumber : http://teknikfotografi.org
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Metode Fotografi Kecepatan Tinggi
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://creativepio.blogspot.com/2012/10/metode-fotografi-kecepatan-tinggi.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Modified by info update - Panduan Blogging SEO. Original by Bamz | Copyright of Creativepio Lombok Island.