Selamat Datang di Blog Creativepio | Mari Berbagi | Terimakasih Atas Kunjungannya....!!

Cara Mudah Mengubah Aplikasi Menjadi Portable

Posted by Unknown Rabu, 03 Oktober 2012 0 komentar
Salam bahagia teman-teman, semoga selalu dalam keadaan sehat. Pada kesempatan kali ini aku akan berbagi sedikit tips buat pembelajaran terkait tentang cara mengubah aplikasi menjadi portable.

Sebelum aku bagikan tutorialnya, ada sedikit pemberitahuan bagi teman-teman yang mempunyai blog. Waspadalah artikel blog anda dicopy mentah-mentah oleh dari.kasihlah.com !!!. Blogku sendiri menjadi korban, hampir semua artikel di blogku dicopy mentah-mentah. Setelah aku cek ke si plagiat tadi, cukup menakjubkan, ternyata semua postingannya bersumber dari hasil mengcopy berbagai blog. Tapi ya sudahlah, mau marah pun percuma, tinggal berdoa saja kepada Tuhan YME semoga si plagiat tersebut mendapatkan balasan.

Kembali ke topik, semuanya pasti sudah tau apa itu aplikasi portable, tapi aku yakin banyak yang tidak tahu difinisi sesungguhnya dan rata-rata pasti menjawab ‘ya pokoknya aplikasi yang tanpa perlu diinstall, bisa dibawa keman-mana’. Nah sebagai pengetahuan saja, aplikasi portable merupakan aplikasi yang berjalan dari perangkat bergerak seperti USB FlashDisk, HardDisk Portable, dan Pemutar Multimedia, dan dapat bekerja meskipun pemiliknya berpindah komputer karena tidak meninggalkan file di dalam PC. Biasanya aplikasi portable tidak meninggalkan jejak di registry. Aplikasi portable dibuat sedemikian rupa sehingga dapat bekerja pada media bergerak, tidak butuh perangkat lunak tambahan pada PC. Aplikasi portable ini tidak mempengaruhi aplikasi yang sudah terinstal dalam PC.

Jadi, aplikasi portable sangat bermanfaat terutama bagi teman-teman yang tidak mempunyai PC/Laptop, dan bagi yang tidak ingin memenuhi harddisknya dengan sejumlah file yang terinstall, yang tentunya dapat mempengaruhi kinerja windows. Tapi yang jadi masalah adalah tidak semua software/aplikasi ada versi portablenya. Tenang saja, ada software Thinstall.VS yang dapat mengubah software/aplikasi biasa menjadi versi portable. Tanpa perlu banyak basa-basi lagi, berikut ini tutorial lengkapnya:

1. Download software Thinstall.VS disini (Thinstall 3.348 Full Version).
2. Install Thinstall yang telah didownload tadi, kemudian jalankan programnya (Setup Capture).
3. Klik Start seperti pada gambar.




4. Kemudian pilih directory yang akan discan, pilih saja System, yang biasanya di C:\. Lalu klik Pre-Install Scan dan tunggu beberapa menit hingga proses selesai.




5. Setelah itu, akan ada jendela tampilan seperti gambar di bawah, jangan diapa-apakan dulu, biarkan saja. Kemudian install aplikasi/software yang akan dijadikan portable. Pada contoh yang aku gunakan adalah Piriform Defraggler.





6. Setelah proses instalasi selesai, buka jendela tampilan Thinstall yang kita biarkan tadi, lalu klik Post-Install Scan.
7. Klik Continue, tapi pastikan bahwa Name yang dipilih sudah benar, yaitu aplikasi yang akan dijadikan portable.




8. Kemudian klik Save Results, lalu klik Continue dan Quit. Untuk windows XP, folder penyimpanan secara default berada di C:\Program Files\Thinstall.VS\Captures\’aplikasi yang akan dijadikan portable’.




9. Kemudian buka folder penyimpanan tadi, cari file Package.ini dan buka dengan notepad atau sejenisnya. Ganti CompressionType=None dengan CompressionType=Fast dan ganti DirectoryIsolationMode=WriteCopy dengan DirectoryIsolationMode=Merged, lalu simpan (save).






10. Copy file #attributes yang ada di folder %Desktop% ke folder yang terdapat file build.bat




11. Jalankan build.bat, akan muncul jendela dos, biarkan saja dan tunggu sampai selesai. Nanti akan tercipta folder bin yang di dalamnya berisi aplikasi portable yang kita kehendaki.




12. Selamat, anda sudah berhasil.


Setelah membaca tutorial di atas, kelihatannya rumit karena banyak langkah-langkahnya. Hal ini aku sengaja biar tidak ada kekeliruan dalam pembuatan aplikasi portablenya, tapi sebenarnya sangat sederhana dan mudah kok.


Sekian dulu tips yang dapat aku bagikan, semoga bermanfaat bagi teman-teman. Untuk trik dan tips menarik lainnya, selalu stay on this blog!!!. Dan bagi yang mengcopy artikel ini, harap dicantumkan sumbernya.



Sumber : http://sudut-sepi.blogspot.com
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Mudah Mengubah Aplikasi Menjadi Portable
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://creativepio.blogspot.com/2012/10/cara-mudah-mengubah-aplikasi-menjadi.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Modified by info update - Panduan Blogging SEO. Original by Bamz | Copyright of Creativepio Lombok Island.