Selamat Datang di Blog Creativepio | Mari Berbagi | Terimakasih Atas Kunjungannya....!!

Gunung sebagai pasak

Posted by Unknown Minggu, 30 September 2012 0 komentar

Al Quran menarik perhatian kita pada salah satu fungsi geologis yang sangat penting dari pegunungan.

Dan telah Kami jadikan di bumi ini
gunung gunung yang kokoh
supaya bumi ini tidak guncang
bersama mereka.
(Surah Al Anbiya ayat 31)

Ada sebuah buku yang berjudul “Earth”,yang menjadi buku acuan di berbagai universitas di
dunia.salah seorang penulis buku ini adalah Prof.Frank Press.dia adalah seorang penasehat sains untuk Presiden Jimmy Carter dan pernah menjabat selama 12 tahun sebagai ketua National Academy of Sciences,di Washington D.C. Amerika serikat.dalam buku tersebut dia menyatakan bahwa gunung gunung memiliki akar yang sangat dalam ke lapisan bumi.oleh karena itu,gunung gunung memiliki bentuk seperti pasak pada bumi.

Bukankah Kami telah membuat bumi
sebagai hamparan,
Dan gunung gunung sebagai pasak.
(Surah An Nabaa 6-7)

Sebagaimana disebutkan diatas bahwa sains sendiri telah menyatakan bahwa gunung gunung adalah seperti pasak mengingat gunung gunung memiliki akar yang sangat dalam masuk ke lapisan bawah bumi.panjangnya akar dari gunung gunung tersebut dapat mencapai beberapa kali tinggi gunung gunung itu dari permukaan ke puncaknya.hal ini sesuai dengan penggambaran Quran mengenai gunung sebagai pasak.pemahaman bentuk gunung ini dalam sejarah sains hanya ada pada pertengahan abad 19.

Gunung gunung juga memiliki fungsi sebagai stabilizer kerak bumi.gunung gunung meredam getaran pada lapisan kerak bumi.hal ini diyatakan dalam Al Quran,

Dan Dia menancapkan gunung gunung di bumi
supaya bumi ini tidak berguncang
bersama kamu.
(Surah An Nahl ayat 15)

Sesungguhnya lapisan kerak bumi yang kita diami ini mengambang diatas lapisan dibawahnya yang berbentuk seperti cairan padat.lapisan paling luar bumi tebalnya adalah 5 km dari permukaan ke bawah.tapi panjang bagian gunung yang mencengkeram lapisan bumi dapat mencapai hingga lebih dari 35 km dalamnya.

Menurut hasil penelitian,gunung gunung terbentuk sebagai akibat dari pergerakan dan benturan lempeng padat yang membentuk kerak bumi.ketika dua lempeng bumi bertemu,maka lempeng bumi yang lebih kuat akan menyelusup dibawah bagian lempeng bumi yang lebih lemah.lempeng bumi yang diatas kemudian membentuk gunung dan pegunungan.sementara lempeng yang dibawah terus merangsek masuk ke dalam.oleh karena itu,gunung memiliki bagian bawah yang lebih panjang dari bagian yang atasnya.mirip seperti pasak yang ditancapkan ke bumi dimana bagian yang diluar lebih pendek dari bagian yang masuk kedalam .

Secara ilmiah struktur gunung digambarkan sebagai berikut.

“Karena gerakan konstan dari gunung gunung yang terus menjangkau bagian bawah dan juga bagian atas permukaan bumi,hal tersebut mencengkram satu lempeng bumi dengan lempeng bumi yang lain.kerak bumi terdiri dari lempeng yang terus bergerak.bagian bawah gunung yang mencengkram lempeng bumi tersebut bertindak seperti penahan getaran.seperti paku (pasak) yang digunakan untuk menyatukan beberapa papan sekaligus.

Dalam ilmu geologi ada istilah yang disebut Isostasy."Suatu kondisi keseimbangan dalam kerak bumi yang disebabkan oleh aliran materi bebatuan dibawah permukaan akibat adanya tekanan gravitasi.

Penjelasan sederhana atas isostasy adalah,jika kita menaruh sebuah bola bowling di atas sebuah bola karet yang besar,maka bola bowling yang berat akan menciptakan lekukan pada permukaan bola karet .sementara daya dari permukaan bola karet akan menahan bobot dari bola bowling tersebut.

Seperti itulah fungsi gunung gunung di permukaan bumi kita ini.yaitu menjaga agar permukaan kerak bumi tidak berguncang karena gerak lapisan lapisan bumi di bawahnya.

Dapatkah anda membayangkan,ribuan tahun lalu ada orang yang memandang gunung yang tinggi dan berpikir bahwa ada bagian gunung yang masuk kedalam tanah dan lebih panjang dari tinggi gunung yang tampak dipermukaannya?..

Maha suci Allah dengan segala Firmannya.pengetahuan ini tidak diketahui manusia pada masa diturunkannya ayat ini.


Sunber : http://forum.viva.co.id

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Gunung sebagai pasak
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://creativepio.blogspot.com/2012/09/gunung-sebagai-pasak.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Modified by info update - Panduan Blogging SEO. Original by Bamz | Copyright of Creativepio Lombok Island.