Selamat Datang di Blog Creativepio | Mari Berbagi | Terimakasih Atas Kunjungannya....!!

Dahsyat! Mahasiswa Semarang "Sulap" Lumpur Lapindo Jadi Bahan Baterai

Posted by Unknown Jumat, 21 September 2012 0 komentar

SEMARANG-Sekelompok mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) mengembangkan pembuatan baterai sel kering (dry cell battery) berbahan material lumpur panas Sidoarjo atau lumpur Lapindo.

"Selama ini, lumpur Sidoarjo hanya dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk membuat genting, batu bata, dan lukisan," kata mahasiswa Fakultas Matematika dan IPA (MIPA) Unnes, Aji Christian Bani Adam, di Semarang, Jumat, 3 Agustus 2012.

Ia mengakui bahwa meluapnya lumpur panas di Porong, Sidoarjo, Jawa Timur pada 2006 memang menjadi tragedi memilukan, sebab banyak masyarakat kehilangan rumah dan harta benda karena tertimbun lumpur.

"Kami berpikir material lumpur sebanyak itu sia-sia kalau tidak dimanfaatkan. Setelah kami teliti, ternyata lumpur Sidoarjo memiliki kadar garam tinggi mencapai 40 persen dan kandungan berbagai logam," katanya.

Aji bersama ketiga kawannya, Umarudin (FMIPA), Oki Prisnawan (Fakultas Ekonomi), dan Yoga Pratama (Fakultas Ilmu Keolahragaan) kemudian serius meneliti dan mengembangkannya untuk membuat baterai kering.

Proses pembuatan baterai kering yang dinamainya Lusi Cell, singkatan dari Lumpur Lapindo, itu masih dilakukan secara manual dengan memanfaatkan selongsong baterai bekas yang isinya diganti material lumpur Lapindo.

"Sebelumnya, kami lakukan ekstraksi logam yang terkandung dalam lumpur, seperti mangaan, merkuri, dan sebagainya. Kemudian, dikomposisi dengan bahan-bahan kimia menjadi sel kering," kata mahasiswa asal Banyumas itu.

Sel-sel kering itu kemudian dimasukkan dalam selongsong baterai bekas berbagai merek yang selama ini menjadi limbah, kata dia, sehingga penemuan itu sekaligus mendaur ulang baterai-baterai yang sudah habis terpakai.

Mereka hanya membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit untuk membuat satu buah baterai berkapasitas 1,5 volt dari lumpur Lapindo. Saat ini mereka sudah memproduksi sebanyak 20 baterai. "Kami jual baterai itu dengan harga Rp3.000 per buah, sementara kalau membeli satu paket berisi empat baterai cukup Rp10 ribu. Setiap pembelian paket ini kami donasikan satu kilogram beras bagi korban lumpur," kata Aji.

Penemuan baterai karya mahasiswa Unnes ini menyabet juara kedua ajang "Technopreneurship 2012", setelah Universitas Indonesia sebagai juara pertama. Sementara, juara ketiga Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.


Sumber : http://www.osserem.co.cc





TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Dahsyat! Mahasiswa Semarang "Sulap" Lumpur Lapindo Jadi Bahan Baterai
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://creativepio.blogspot.com/2012/09/dahsyat-mahasiswa-semarang-sulap-lumpur.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Modified by info update - Panduan Blogging SEO. Original by Bamz | Copyright of Creativepio Lombok Island.