Selamat Datang di Blog Creativepio | Mari Berbagi | Terimakasih Atas Kunjungannya....!!

Bill Gates Tantang Para Penemu Hasilkan Toilet Masa Depan

Posted by Unknown Kamis, 20 September 2012 0 komentar

Lewat organisasi amalnya, Bill & Melinda Gates Foundation, chairman Microsoft Bill Gates mengadakan lomba untuk mencari toilet masa depan yang dapat meningkatkan sistem sanitasi di seluruh dunia.

Di acara pameran “Reinvent the Toilet” yang diadakan di kampus Seattle belum lama ini, desain-desain yang ditampilkan antara lain sebuah toilet yang menggunakan energi microwave yang mengubah tinja menjadi tenaga listrik. Desain lainnya mengubah tinja menjadi arang, sementara ada toilet yang menggunakan urine untuk pembilasan.

Dalam total 28 desain yang ditampilkan di acara itu, pemenangnya adalah tim dari California Institute of Technology. Dipimpin oleh Prof Michael Hoffman, toilet yang mereka desain adalah berkekuatan energi sinar matahari dan menghasilkan gas hidrogen dan listrik. Rancangan ini meraih uang US$100.000. “Kami sangat bahagia dengan respons yang diterima,” ujar Bill Gates di acara itu.

Acara ini menantang para penemu untuk memunculkan toilet yang beroperasi tanpa air yang mengalir, listrik, atau sistem septik. Toilet ini perlu bisa beroperasi dengan biaya tak lebih dari lima sen dolar per hari dan secara ideal menangkap energi atau sumber daya lainnya.

Walter Gibson, dari tim ilmuwan London School of Hygiene and Tropical Medicine, memperlihatkan sebuah toilet yang menggunakan larva lalat untuk memproses kotoran dan menciptakan makanan binatang yang ramah lingkungan. Toilet ini sudah dites lapangan di Afrika Selatan.

Sistem penyiraman toilet tradisional membuang air minum hingga ton-tonandan sering tidak praktis di sejumlah area di negara-negara berkembang.

PBB mengestimasi bahwa penyakit yang disebabkan oleh sanitasi yang tidak aman, bertanggungjawab atas setengah kasus penyakit yang dirawat di rumah sakit pada negara-negara berkembang. Sekitar 1,5 juta anak-anak mati tiap tahun karena penyakit diare.

Gates Foundation berkomitmen untuk mengalokasikan dana US$370 juta untuk pembuatan toilet masa depan dan berharap adanya tes lapangan prototipe-prototipe toilet ini dalam waktu tiga tahun.


Sumber : http://www.trendtelco.com
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Bill Gates Tantang Para Penemu Hasilkan Toilet Masa Depan
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://creativepio.blogspot.com/2012/09/bill-gates-tantang-para-penemu-hasilkan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Modified by info update - Panduan Blogging SEO. Original by Bamz | Copyright of Creativepio Lombok Island.