Selamat Datang di Blog Creativepio | Mari Berbagi | Terimakasih Atas Kunjungannya....!!

Medusa dalam Mitologi Yunani

Posted by Unknown Rabu, 19 September 2012 0 komentar

Medusa adalah sosok terkenal dalam kisah mitologi yunani kuno, medusa digambarkan sebagai perempuan berambut ular yang menyeramkan dan berbahaya. disebutkan bahwa barang siapa memandang mata medusa akan berubah menjadi batu. kali ini mitospedia akan sharing soal Cerita Sejarah medusa dalam Mitologi yunani.

Menurut Bahasa Yunani Μέδουσα (Médousa), berarti "penjaga" atau "pelindung", Dikisahkan medusa terlahir sebagai wanita yang amat sangat cantik dengan rambut panjang dan berkilau, mata hijau bagaikan hamparan air laut yang jernih, Kulit semulus porselin dan paras yang amat sangat cantik. Banyak juga orang yang penasaran soal penggambaran Medusa sebelum dia dikutuk menjadi wanta menyeramkan berambut ular.

Awalnya medusa bersama dengan perawan perawan lainnya bekerja menjadi penjaga kuil Athena Hingga suatu saat Poseidon sang dewa laut tidak tahan melihat kecantikan medusa dan akhirnya "merajahi" medusa. Singkat cerita athena pun murka karena medusa telah merusak kesucian kuilnya dan akhirnya mengutuk medusa menjadi seorang monster perempuan. Rambutnya yang indah dirubah menjadi ular-ular berbisa yang tidak pernah tidur dan wajahnyapun dirubah menjadi sedemikian buruknya. Tidak cukup dengan itu, matanyapun dirubah menjadi sangat tidak jelasnya sehingga siapapun yang melihatnya akan berubah menjadi batu.

Medusa dibunuh oleh Perseus atas perintah Raja Polidektes dari Serifos yang meminta kepala Medusa sebagai hadiah. Perseus membunuh Medusa dengan cara melihat bayangan Medusa di cermin agar Medusa tidak mengubahnya jadi batu lalu Perseus memenggal kepala Medusa. Kemudian dua makhluk keluar dari tubuh medusa : Pegasus dan Khrisaor.

Dengan bantuan dari Athena dan Hermes, yang memberinya sandal bersayap, Helm gaib, pedang, dan perisai cermin, Perseus berhasil melaksanakan tugasnya. singkat cerita, karena keabadian Medusa, meskipun kepalanya terpisah dari tubuhnya, kekuatan matanya masih bisa dimanfaatkan oleh Perseus dan bahkan Athena untuk merubah musuh-musuh mereka menjadi batu. Selama beberapa waktu, Perseus menggunakan kepala Medusa sebagai senjata. Lalu kemudian kepala itu diserahkan kepada Athena untuk kemudian dipasang pada perisai Aigis

Perisai Cermin medusa sangat terkenal bahkan senjata ini banyak diadopsi dalam video game dan kisah anime. Kisah medusa dalam mitologi yunani juga menjadi ilham bagi pemahat Italia Gian Lorenzo Bernini yang membuat Patung kepala Medusa. Selain patung saat ini juga banyak orang yang memasang tato bergambar medusa loh. Itu adalah bukti betapa tenarnya medusa dalam mitologi yunani kuno.



Sumber: http://www.facekom.info
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Medusa dalam Mitologi Yunani
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://creativepio.blogspot.com/2012/09/medusa-dalam-mitologi-yunani.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Modified by info update - Panduan Blogging SEO. Original by Bamz | Copyright of Creativepio Lombok Island.