Selamat Datang di Blog Creativepio | Mari Berbagi | Terimakasih Atas Kunjungannya....!!

Sukses Belajar dengan Gaya Sendiri

Posted by Unknown Senin, 08 Oktober 2012 0 komentar
Image: college candy

Urusan belajar memang tidak bisa disamaratakan bagi seseorang dengan orang lainnya. Gaya belajar kita bisa jadi tidak cocok jika dipakai orang lain.

Bisa jadi kita nyaman belajar intensif seharian menjelang ujian, sementara orang lain harus mencicil materi ujian setiap hari. Ada juga pelajar yang terpaku pada jadwal belajar, sementara siswa lainnya hanya belajar ketika mood saja.

Apa pun gaya belajar yang kita pilih, berikut beberapa kiat yang ampuh untuk diterapkan, seperti dilansir College Candy, Sabtu (29/9/2012).

Kombinasi

Gaya belajar apa pun yang kita pilih tidak akan berhasil jika kita hanya membaca buku dan catatan berulang kali. Kita perlu mengombinasikannya dengan teknik lain untuk mencegah kebosanan, sekaligus memastikan informasi yang kita serap bertahan lama di memori kita.

Jika kita sudah membaca buku untuk sekian lama, selingi waktu belajar kita dengan membuat poster berisi ringkasan materi yang kita baca. Setelah itu, kita bisa kembali menekuni buku yang kita baca. Menggunakan hanya satu metode belajar tidak selamanya efektif, jadi, kombinasikanlah dengan metode lainnya untuk menjaga memorimu tetap fresh.

Jangan khawatir untuk berhenti

Jika kita terus melihat catatan dan tidak dapat mengerti apa maksud tulisan kita itu, berhenti dan berisitirahatlah. Bahkan, ketika kita sudah menjadwalkan satu hari penuh sebagai hari belajar, namun begitu rencana kita tidak berhasil di jam pertama, jangan paksakan diri. Memaksakan diri hanyalah membuang waktu dan membuat kita stres. Ambillah jeda, dan kemudian cobalah untuk mulai belajar kembali.

Perhatikan diri sendiri

Sesibuk apa pun kita belajar, jangan lupa beristirahat dan perhatikan kondisi tubuh kita. Hal ini berarti makan dengan baik, tidur yang cukup, dan mengambil jeda di antara waktu belajar.

Pelajar kinestetik

Pelajar kinestetik mampu belajar lebih efektif dengan melibatkan anggota tubuhnya, misalnya sambil bergerak, berjalan, dan bermain. Tipe pelajar ini akan kesulitan memusatkan perhatian hanya dengan duduk diam dan membaca atau mendengarkan penjelasan guru di depan kelas.

Jika kita termasuk tipe pelajar kinestetik, cobalah membaca dan atau menghafal materi pelajaran sambil berjalan. Kebanyakan pelajar kinestetik juga memiliki aspek belajar secara visual atau auditori. Temukan aspek mana yang dapat mendukung kegiatan belajar kita.

Pelajar auditori


Cara terbaik untuk menyerap dan mempertahankan informasi bagi pelajar auditori adalah melalui berbicara dan mendengarkan. Kita bisa merekam suara kita ketika membaca buku, dan kemudian didengarkan kembali. Tapi jika trik ini nampaknya membuat kita tidak nyaman, ada beberapa cara lainnya yang bisa diterapkan.

Pertama, bicara ketika sedang membaca catatan, dan menjelaskan materi tersebut pada diri sendiri. Kedua, rekam perkuliahan di kelas untuk didengarkan kembali di rumah. Ketiga, buat kelompok belajar dan berdiskusilah dengan sesama anggota kelompok itu. Saling menjelaskan materi pelajaran akan membantu kita belajar, dan pelajar auditori cenderung belajar lebih baik ketika mereka berbicara.

Pelajar visual

Belilah pulpen beraneka warna dan kertas-kertas hias. Mulailah membuat poster dan diagram materi pelajaran. Tuliskan catatan kuliahmu dan tandai setiap tema, ide, atau kategori dengan warna tertentu.

Pada dasarnya, pelajar visual dapat belajar dengan lebih baik jika dia belajar dengan cara yang teratur dan memastikan bahwa mereka dapat melihat materi yang akan mereka pelajari. Poster adalah langkah terbaik bagi pelajar visual bukan hanya karena ia mencerminkan keteraturan dan kerapihan, tetapi poster juga dapat ditempel di dinding kamar sebagai pengingat materi belajar.

Hal-hal kecil


Untuk memperkuat hafalan, kita bisa menuliskan bagian-bagian penting yang harus kita ingat pada kertas post it. Kemudian tempelkan post it itu di berbagai tempat yang biasa kita datangi di rumah, misalnya di pintu lemari es, kaca rias, atau di meja kecil di samping tempat tidur kita. Tanpa kita sadari, ketika kita membaca catatan-catatan itu sambil lalu, kita sebenarnya sedang belajar.

Analisa gaya belajar

Mulailah membuat catatan kapan waktu terbaikmu untuk belajar, dan sesuaikan jadwal sehari-hari dengan hal itu. Enggak ada gunanya untuk belajar di sore hari ketika kita tahu kita enggak akan bisa fokus setelah jam lima sore.

Jadwal belajar

Menjadwalkan waktu belajar adalah hal yang penting untuk dilakukan. Jadwal ini enggak harus terlampau ketat dalam hal waktu dan durasi belajar, tetapi setidaknya rencanakanlah waktu-waktu tertentu yang khusus dialokasikan sebagai jam belajar.

Penjadwalan ini berarti kita harus tetap pada target, sekaligus memudahkan kita menolak ajakan teman-teman untuk sekadar hangout pada saatnya kita harus belajar.


Sumber : http://kampus.okezone.com/
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Sukses Belajar dengan Gaya Sendiri
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://creativepio.blogspot.com/2012/10/sukses-belajar-dengan-gaya-sendiri.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Modified by info update - Panduan Blogging SEO. Original by Bamz | Copyright of Creativepio Lombok Island.