Selamat Datang di Blog Creativepio | Mari Berbagi | Terimakasih Atas Kunjungannya....!!

Biar Enggak Galau, Cek Panduan Ini

Posted by Unknown Senin, 08 Oktober 2012 0 komentar
Ilustrasi : Corbis.com.

Hidup sebagai anak muda belakangan ini tidaklah semudah yang dibayangkan orangtua. Banyak tantangan dari lingkungan sekitar. Misalnya hasutan untuk ikut tawuran antar SMA, atau adu otot dengan fakultas berbeda. Yang parah ajakan pakai narkoba. Ajakan teman terkadang menjadi pilihan simalakama, kalau dilakukan bisa menjadi petaka.

Dalam buku The 7 Habits of Highly Effective Teens karya Sean Covey, disebutkan masa SMA dan Kuliah adalah masa transisi. Di usia tersebut, merupakan masa proses mempelajari bagaimana diri bernegosiasi dengan tekanan di sekitar lingkungan, dan mempelajari motivasi diri.

"Masa usia tersebut merupakan masa perubahan fase hidup dari anak-anak menuju dewasa dan penentu bagaimana si anak bisa memandang hidup ke depan," tulis Covey, seperti dikutip Sabtu (6/10/2012).

Untuk menghadapi fase tersebut, diperlukan kesadaran akan prinsip hidup dengan cakrawala yang luas. Berikut panduan yang ditulis Covey :

1. Bersikaplah Proaktiv
Bersikaplah secara proaktiv atas hal-hal yang berguna bagi diri sendiri dan masa depan.

2. Buat Peta Hidupmu

Tentukan apa yang hendak dituju dalam hidup. Bisa cita-cita, bagaimana mencapainya, dan keseimbangan hidup. Jika tidak, bukan tidak mungkin kita akan terombang-ambing kegalauan.

3. Tentukan Prioritas
Urutkan hal-hal yang terpenting ke hal yang kurang penting. Sehingga fokus hidup bisa tertata dengan baik. Menempatkan prioritas masalah juga akan melatih diri dalam mengatasi masa sulit kehidupan.

4. Berpikir "Win-Win Solution"
Berpikir untuk mencapai solusi yang adil mampu menggiring pribadi yang objektif.

5. Berusaha Memahami, Baru Akan Dipahami
Kebanyakan orang merasa stres dan frustasi karena tidak dipahami sekelilingnya. Pada poin ini langkah yang perlu dilakukan adalah belajar mendengarkan orang lain. Selain itu, berkomunikasilah yang baik.

6. Mensinergikan
Kata tersebut dapat berarti luas. Menyinergikan berbagai elemen untuk mencapai tujuan, atau belajar kerja sama tim. Secara tidak langsung akan melatih kemungkinan adanya perbedaan nilai dan menghargai orang lain.

7. Mengasah Kemampuan
Selagi masih muda, perbanyaklah ilmu. Ilmu tidak melulu ada di bangku sekolah atau kuliah. Namun, ilmu banyak ragamnya. Melatih diri melihat persoalan dengan utuh, belajar bersahabat, dan belajar menghadapi masalah, juga bagian dari ilmu.


Sumber : http://kampus.okezone.com/
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Biar Enggak Galau, Cek Panduan Ini
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://creativepio.blogspot.com/2012/10/biar-enggak-galau-cek-panduan-ini.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Modified by info update - Panduan Blogging SEO. Original by Bamz | Copyright of Creativepio Lombok Island.