Selamat Datang di Blog Creativepio | Mari Berbagi | Terimakasih Atas Kunjungannya....!!

Alasan Manusia Senang Jadi 'Imitasi' Orang Lain

Posted by Unknown Minggu, 07 Oktober 2012 0 komentar

Mulai dari meniru bahasa tubuh hingga aksen orang lain, sebagian besar orang tak menyadari memiliki hasrat ingin meniru. Kini ilmuwan miliki alasan manusia melakukannya.

Dalam serangkaian percobaan, ilmuwan menemukan, saat orang memainkan permainan gunting-batu-kertas, orang jauh lebih mungkin ‘tertarik’ mencocokkan geraknya dengan gerak lawan saat ia bisa saling melihat.

Psikolog mengatakan, keinginan tak disadari untuk meniru ini sangat kuat. Hal ini terjadi saat orang tahu akan dihukum jika kalah.

Richard Cook dari University of College London mengatakan, “Sejak lahir, kita sering dihadapkan situasi melakukan tindakan secara akurat memprediksi tindakan yang sama atau sebaliknya”.

Misalnya seperti dilaporkan Dailymail, orang tua tidak bisa tidak meniru ekspresi muka bayinya, seperti tersenyum, menjulurkan lidah dan lainnya.

"Ekspresi ini menyebabkan rangsangan untuk meniru menjadi berakar pada manusia dan manusia tak menyadarinya," ujarnya.

Penyalinan otomatis ini dikendalikan jaringan wilayah otak yang disebut ‘sistem syaraf pencerminan’. Sistem ini dengan cepat merespon pandangan suatu tindakan yang seringkali baru disadari otak kemudian.

Beberapa psikolog evolusioner yakin, imitasi otomatis ini berfungsi sebagai ‘perekat sosial’ yang membantu orang saling berhubungan.

Hasil studi sebelumnya menunjukkan, manusia memiliki keinginan yang tak disadari untuk meniru gerakan, bahasa tubuh dan pola berbicara orang yang ia ajak bicara, perilaku ini disebut ‘efek bunglon’.

“Jika otak Anda mendapat latihan cukup, sangat mungkin mendapat gunting sama dengan lawan tanpa harus melakukan gerakan yang sama dalam permainan gunting-batu-kertas,” tutupnya.


Sumber : http://forum.viva.co.id/

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Alasan Manusia Senang Jadi 'Imitasi' Orang Lain
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://creativepio.blogspot.com/2012/10/alasan-manusia-senang-jadi-imitasi.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Modified by info update - Panduan Blogging SEO. Original by Bamz | Copyright of Creativepio Lombok Island.