Selamat Datang di Blog Creativepio | Mari Berbagi | Terimakasih Atas Kunjungannya....!!

Ngekos, Sudah Siapkah?

Posted by Unknown Senin, 08 Oktober 2012 0 komentar

Kuliah di kampus dengan jarak tempuh yang jauh dari rumah memang sangat melelahkan. Salah satu solusi yang biasa dilakukan adalah ngekos. Tetapi apakah sudah pantas untuk hidup mandiri?

Melihat teman yang ngekos memang tampak menyenangkan. Tidak perlu bersusah payah menempuh jarak yang jauh dan bisa merasakan hidup mandiri. Itu hanya tampak permukaan saja. Sebenarnyangekos membutuhkan komitmen yang kuat. Sebab, hidup jauh dari keluarga rasanya tidak mudah.

Jika sebelumnya serba disiapkan oleh orangtua atau saudara, kini semua harus disiapkan sendiri. Untuk mengukur kemampuan apakah sudah layak untuk ngekos, berikut ada beberapa kesiapan mental yang perlu diperhatikan, seperti ditulis oleh Corinne Smith, Ph.D., staf Departemen Pendidikan Amerika, seperti dikutip education.com, Sabtu (6/10/2012).

1. Bisa mengatur tujuan jangka pendek dan membuat target untuk mencapai kebutuhan pendidikan dan kebutuhan indekos.

2. Memiliki kontrol diri yang kuat. Misalnya, membedakan "apa yang mau saya lakukan" dengan "apa yang harus saya lakukan".

3. Memahami kelebihan dan keterbatasan diri. Mahasiswa yang ngekos dituntut mengidentifikasi situasi, memodifikasi kondisi untuk melakukan apa yang terbaik buat dirinya.

4. Bisa membuat dan menerapkan rencana. Misalnya, kapan harus bermain dengan teman, mengerjakan tugas, bangun tepat waktu, mencuci pakaian, dan menyiapkan makanan.

5. Memiliki kebiasaan dan pola hidup yang sehat. Contohnya, memperhatikan kualitas kebersihan kamar dan pakaian. Memperhatikan gizi makanan yang dikonsumsi sehari-hari.


Sumber : http://kampus.okezone.com/
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Ngekos, Sudah Siapkah?
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://creativepio.blogspot.com/2012/10/ngekos-sudah-siapkah.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Modified by info update - Panduan Blogging SEO. Original by Bamz | Copyright of Creativepio Lombok Island.