Selamat Datang di Blog Creativepio | Mari Berbagi | Terimakasih Atas Kunjungannya....!!

4 Cara Mudah Berteman untuk Maba

Posted by Unknown Senin, 08 Oktober 2012 0 komentar

JAKARTA - Tahun pertama kuliah memang tahun yang menakjubkan. Kita beradaptasi dengan sistem pendidikan yang baru, sekaligus menyesuaikan diri dengan lingkungan baru tempat kita akan tinggal dalam beberapa tahun ke depan.

Tetapi, tahun pertama kuliah juga menyimpan ketakutan tersendiri bagi para mahasiswa baru. Bagaimana jika saya tidak mampu mengikuti perkuliahan? Bagaimana jika saya tidak kerasan di kampus dan lingkungan kos? Bagaimana jika saya tidak mendapat teman yang baik?

Kepanikan seperti itu sangat mungkin melanda para mahasiswa baru. Terlebih lagi, bagi mereka yang pergi jauh dari rumah dan tidak mengenal satu orang pun di lingkungan baru. Jika kita salah satunya, apa yang bisa dilakukan dan di mana kita bisa mencari teman?

1. Asrama kampus/kos

Ini mungkin tempat klise untuk mendapat teman, tapi kita akan terkejut betapa banyak teman yang bisa kita dapatkan di asrama kampus atau rumah kos kita. Caranya, buatlah diri kita mudah didekati. Contohnya: bukalah pintu kamar, tentu ketika kita berada di dalamnya. Dengan begitu, orang-orang di sekeliling kita tidak akan segan untuk datang dan mengobrol dengan kita tanpa merasa menggangguprivacy kita.

Jika kita termasuk pemalu, mintalah tolong kepada teman untuk memperkenalkan kita kepada semua teman yang ada di asrama/rumah kos. Kita bisa mendatangi tiap kamar untuk berkenalan, atau membuat sebuah acara kumpul-kumpul bersama seluruh teman satu kos untuk saling berkenalan. Meski kita tidak akan menjadi teman baik bagi semua orang, kita tetap bisa saling menyapa ketika berpapasan dengan mereka. Bahkan, seulas senyum pun cukup untuk mencairkan suasana.

2. Kegiatan

Beragam acara penyambutan mahasiswa baru memang terlihat garing dan norak, tetapi enggak ada salahnya untuk datang ke acara tersebut. Kita enggak perlu berada di acara tersebut hingga usai. Pastikan saja kehadiran kita cukup untuk melakukan sesuatu yang menyenangkan bersama teman-teman seangkatan. Siapa tahu, kita akan berkenalan dengan banyak teman baru dari fakultas berbeda di acara-acara seperti ini.

3. Organisasi

Datangilah pameran Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di kampus, temukanlah UKM yang menarik minatmu dan datangilah pertemuan rutinnya. Jika terlalu malu untuk pergi sendiri, ajaklah teman sekosmu, siapa tahu mereka juga berminat. Meski kita mungkin nantinya tidak terlalu aktif di UKM yang kita pilih, setidaknya kita punya agenda kegiatan tiap minggu dan berteman di luar ruang kuliah dan asrama.

Bergabung dengan sebuah organisasi juga merupakan cara termudah untuk berteman. Sebab, di organisasilah kita bekerjasama dengan orang lain untuk suatu hal yang sama-sama kita anggap penting, dan kesamaan minat yang menyatukan semua anggota organisasi tersebut.

4. Kelas

Jangan segan menyapa orang yang duduk di sampingmu di kelas sebelum kuliah dimulai. Kita akan terkejut betapa banyak orang yang ingin mengobrol tapi takut untuk memulai percakapan. Bahkan jika teman ini tidak menjadi sahabat dekat, setidaknya kita punya "sekutu" ketika sewaktu-waktu butuh teman belajar atau meminjam catatan kuliah minggu lalu.

Kunci utama dalam berteman adalah, miliki pikiran terbuka dan ambillah keuntungan dari semua kesempatan yang ada di sekitar kira. Lagi pula, kita tidak pernah cukup memiliki banyak teman.


Sumber : http://kampus.okezone.com/
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: 4 Cara Mudah Berteman untuk Maba
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://creativepio.blogspot.com/2012/10/4-cara-mudah-berteman-untuk-maba.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Modified by info update - Panduan Blogging SEO. Original by Bamz | Copyright of Creativepio Lombok Island.