Selamat Datang di Blog Piocreative | Mari Berbagi | Terimakasih Atas Kunjungannya....!!

Mengenali Karakter Dosen

Posted by Masjun efendi Senin, 08 Oktober 2012 0 komentar

Keberanian kita untuk berdiskusi dengan dosen di kelas, merupakan hal penting dalam kuliah. Sebab, dengan komunikasi dua arah, materi dari sang dosen bisa diserap lebih luas.
Tetapi, berdiskusi dengan dosen secara berlebihan di dalam kelas juga bisa dipersepsikan memonopoli pertanyaan dan dicap sebagai mahasiswa cari muka. Lalu bagaimana mengatasi sejumlah materi yang tidak dipahami?

Ada berbagai cara, misalkan, saat selesai kuliah hampiri sang dosen dan ajukan pertanyaan secara baik-baik. Jika sang dosen tenggelam dengan pertanyaan mahasiswa lainnya, kamu bisa menemui dosen di ruang dosen. Atau meminta nomor telepon untuk membuat janji terlebih dahulu.

Usaha mencari ilmu seperti itu sebenarnya sah-sah saja. Tetapi, kita perlu terlebih dahulu mengenal karakter dosen. Tujuannya, agar komunikasi semakin lancar dan bisa memahami materi secara baik. Berikut beberapa karakter dosen yang perlu diketahui.

1. Dosen 3 M
Dosen 3 M adalah istilah dosen yang terfokus pada kegiatan mencatat, merangkum, dan memberikan tugas. Dosen seperti ini biasanya text book. Nah, berkomunikasilah secara persuasif agar bisa memahami materi dengan utuh.

2. Dosen pintar tetapi tidak komunikatif
Dosen merupakan sosok yang memiliki banyak ilmu tetapi terkadang terkendala faktor komunikasi sehingga transformasi ilmu tidak lancar. Jika komunikasi dilakukan lebih personal, misalkan dengan sekelompok teman yang jumlahnya tidak terlalu banyak, mungkin mahasiswa bisa bertanya lebih leluasa.

3. Dosen dengan jam terbang minim
Bukan hal mustahil jika mendapat dosen yang baru saja mengawali kariernya. Dosen seperti ini biasanya idealis dan mau berdiskusi dengan mahasiswa. Tetapi, bukan berarti bisa bersikap seenaknya. Tetap ada batasan dan etika yang perlu diterapkan.

4. Dosen super sibuk
Menghadapi dosen yang memiliki jam kerja padat, susah-susah gampang. Biasanya dia seorang praktisi atau menjadi dosen di sejumlah kampus. Caranya, buatlah janji secara berkelompok. Cara ini juga memudahkan sang dosen untuk mengatur waktu. Maksimalkan waktu yang telah disediakan, sehingga terjadi pertemuan yang berkualitas.


Sumber : http://kampus.okezone.com/
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Mengenali Karakter Dosen
Ditulis oleh Masjun efendi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://creativepio.blogspot.com/2012/10/mengenali-karakter-dosen_8.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Poskan Komentar

Modified by info update - Panduan Blogging SEO. Original by Bamz | Copyright of Creativepio Lombok Island.