Selamat Datang di Blog Creativepio | Mari Berbagi | Terimakasih Atas Kunjungannya....!!

Pesawat NASA dekati Asteriod Raksasa

Posted by Unknown Minggu, 07 Oktober 2012 0 komentar

Pesawat antariksa tanpa awak dari NASA bernama Dawn, telah memasuki orbit Vesta, salah satu asteroid terbesar di tata surya, ujar pihak agensi luar angkasa Amerika Serikat (AS) tersebut.

Seperti yang dikutip dari AFP, Senin (18/7/2011), Dawn diharapkan bisa mendekat hingga jarak 16 ribu kilometer dari Vesta, untuk mempelajari permukaan asteroid terbesar itu.

Membutuhkan waktu hingga empat tahun untuk sampai di titik ini,” ungkap Robert Mase, Manajer dari proyek senilai USD466 tersebut di Jet Propulsion Laboratory, Pasadena, California.

Nantinya setelah melakukan observasi selama satu tahun di Vesta, pesawat Dawn akan berpindah ke destinasi yang baru yakni planet kecil Ceres, di bulan Juli 2012. “Dengan misi tersebut, maka Dawn akan menjadi pesawat antariksa tanpa awak pertama yang mengorbit pada dua objek tata surya selain Bumi,” ungkap pihak resmi NASA.

Tujuan utama dari misi delapan tahun yang dilakukan oleh Dawn adalah untuk mempelajari serta membandingkan asteroid Vesta dengan planet kerdil Ceres, yang mana dikatakan oleh NASA akan menguak sejarah awal terbentuknya tata surya.

“Peralatan di Dawn akan mengukur komposisi, topografi dan tekstur permukaan. Lebih jauh lagi, pesawat antariksa Dawn juga akan mengukur daya gravitasi dari Vesta dan Ceres, untuk mempelajari lebih mengenai struktur internalnya,” jelas pihak NASA.

Dawn yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2007, memiliki alat sinar gamma dan detektor neutron, yang akan mengumpulkan informasi pada sinar kosmik kala pesawat tersebut mendekati objek.


Sumber : http://forum.viva.co.id/
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Pesawat NASA dekati Asteriod Raksasa
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://creativepio.blogspot.com/2012/10/pesawat-nasa-dekati-asteriod-raksasa.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Modified by info update - Panduan Blogging SEO. Original by Bamz | Copyright of Creativepio Lombok Island.