Selamat Datang di Blog Creativepio | Mari Berbagi | Terimakasih Atas Kunjungannya....!!

9 Tanaman Paling Ampuh mengusir Nyamuk

Posted by Unknown Jumat, 28 Desember 2012 0 komentar

Nyamuk memang mengundang banyak masalah terutama masalah kesehatan karena dari gigitan nyamuk dapat menyebebkan berbagai macam penyakit dan bahkan sampai menimbulkan kematian jika sudah terlalu parah dan terlambat mendapatkan penanganan dari dokter. Banyak cara dilakukan orang untuk membasmi dan mengusir nyamuk dari cara yang sederhana bahkan dengan berbagai bahan kimia yang mampu menangkal dari kehadiran nyamuk namun dari berbagai bahan kimia tersebut kadang bisa membahanyakan bagi penggunanya jika salah dan berlebihan dalam penggunaannya, namun ada beberapa cara alami untuk mengusir nyamuk yaitu dengan memanfaatkan beberapa tanaman yang tidak disukai oleh nyamuk, berikut ini ada beberapa tanaman yang mampu mengusir nyamuk :

Bunga geranium atau tapak dara

tanaman ini mengandung zat yang mudah terbawa oleh udara yang mampu memenuhi isi ruangan dan mengusir nyyamuk, bisa ditanam dalam pot atau juga langsung ke tanah. harga tanama ini per pot sekitar Rp 25.000

Bunga lavender

tanaman ini berasal dari pengunungan alpen swiss dengan warna khas ungu yang terlihat menarik dan bunganya bergerombol diujung tangkai. nyamuk tidak menyukai aroma dari bunga ini karena dapat membuatnya merasa pusing, ini disebabkan di dalam bunga lavender mengandung zat linanool dan lynalyl acetate. cukup dengan menaruh tanaman in dekat jendela kamar sehingga wanginya dapat memenuhu ruangan dan dapat mengusir nyamuk.

Citrosa mosquito

nyamuk tidak menyukai tumbuhan ini karena bila disentuh maka tumbuhan ini akan mengeluarka aroma lemon yang sangat kuat dan dapat mengusir nyamuk. asal dari tumbuhan ini adalah dari belanda perawatannya mudah tidak rumit cukup diberi pupuk dan air saja, yang paling penting cukup sinar matahari karena tumbuhan ini menyukai sinar matahari

Bunga rosemary

bunga ini menghasilkan aroma seperti minyal telon, harum tapi nyamuk tidak menyukai wangi ini. dengan perawatan yg cukup mudah sehingga ini dapat menjadi pengusir nyamuk alami di rumah anda. harga dari tanaman ini untuk setinggi 50cm berkisar antara 10.000-15.000 ribu rupiah saja

Bunga marigold

asal bunga ini dari mexico dan juga guatemala, jenis dari bunga ini terdapat dua macam yaitu tagetas erecta (africa marigold) dan tagetas patula (dwarf french marigold). kebanyakan tanaman ini ditanam pada taman di jalan. kalau di indonesia tanaman ini dinamakan dengan bunga tai ayam.

Kecombrang

ini merupakan jenis tanaman rempah, tumbuh secara tahunan berbentuk bunga, buah dan bijinya digunakan sebagai bahan sayuran selai itu bunganya juga dapat mengusir nyamuk. nama ilmiahnya adalah etingerae aliator ditempat lain menyebitnya kincung (medan), dan siantan (malaya)

Zodia

masyarakat papua sering menggunakan bahan tanaman sebelum masuk hutan untuk mengusir nyamuk agar tidak menggigit mereka dan daun itu dinamakan zodia atau evodia suavelolens tanama ini asli dari indonesia (papua)

Serai wangi

masyarakat sering menggunakannya untuk bahan penyedap masahan namun ada kegunaan lain dari serai yaitu sebagai tanaman pengusir nyamuk karena di dalamnya ada terdapat zat geraniol dan sitronelal yang tidak disukai nyamuk. ekstrakserai juga banyak digunakan sebagai lotion anti nyamuk dengan aroma khas dari serai. tanaman ini sangat mudah dikelola karena ini juga termasuk dalam ilalang jadi perawatannya tidalah sulit.

Akar wangi

bau yang dihasilkan dari akar wangi dapat membuat mati nyamuk jenis demam berdarah. akar wangi tidak hanya dimanfaatkan secara hidup namun juga banyak yang mengolahnya sebagai bahan kerajinan karena tanaman ini tetap wangi walau sudah dibentuk menjadi hiasan atau pajangan jadi sangat bermanfaat selain wangi juga dapat mengusir pergi nyamuk dalm ruangan.


Sumber: http://www.genborneo.com/
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: 9 Tanaman Paling Ampuh mengusir Nyamuk
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://creativepio.blogspot.com/2012/12/9-tanaman-paling-ampuh-mengusir-nyamuk.html?m=0. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Modified by info update - Panduan Blogging SEO. Original by Bamz | Copyright of Creativepio Lombok Island.