Selamat Datang di Blog Creativepio | Mari Berbagi | Terimakasih Atas Kunjungannya....!!

Ilmuwan Temukan Spesies Baru Dinosaurus

Posted by Unknown Minggu, 07 Oktober 2012 0 komentar


CHICAGO ===>Tidak setiap dinosaurus tumbuh menjadi predator perkasa seperti Tyrannosaurus rex atau vegan raksasa seperti Apatosaurus. Beberapanya malah terlihat mini dan mungil. Dinosaurus terkecil yang pernah hidup tidak melebihi tinggi tumit manusia, termasuk di antara yang pertama tersebar di seluruh planet Bumi lebih dari 200 juta tahun lalu.

Fosil miniatur makhluk purba ini bertaring namun memakan tumbuhan. Dikenal sebagai heterodontosaurs, atau "berbeda dan bergigi reptil,". Fosil ini ditemukan 50 tahun lalu dan baru terungkap saat ini karena termasuk spesies baru dan aneh. Herbivora kerdil ini diidentifikasi dalam lempengan batu merah yang dikumpulkan pada awal 1960an oleh ilmuwan yang bekerja di Afrika Selatan.

Menurut laman telegraph, dalam laporan yang diterbitkan dalam jurnal online ZooKeys, Paul C. Sereno, paleontolog di Universitas Chicago dan spesialis dinosaurus, menggambarkan anatomi aneh anggota baru keluarga heterodontosaur. Spesies baru ini diberi nama Pegomastax africanus, atau "rahang tebal dari Afrika,".

"Ketika ia pertama kali melihat spesimen di laboratorium Harvard, jelas ini adalah spesies yang berbeda," ujar Dr Sereno.

Tertanam di batu, fosil ini merupakan sisa-sisa makhluk dengan paruh mirip burung kakak tua saat ini. Dilengkapi rahang berukuran satu inci, bergigi tajam dan tengkorak yang tidak kurang dari tiga inci panjangnya. Seluruh tubuhnya hanya berukuran kurang dari dua kaki panjangnya dan berat tidak lebih berat dari seekor kucing rumah kecil.Fosil Pegomastax tersebut akhirnya dikembalikan ke South African Museum di Cape Town. Penelitian ini sendiri didukung oleh National Geographic Society.


Sumber : http://www.jpnn.com
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Ilmuwan Temukan Spesies Baru Dinosaurus
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://creativepio.blogspot.com/2012/10/ilmuwan-temukan-spesies-baru-dinosaurus.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Modified by info update - Panduan Blogging SEO. Original by Bamz | Copyright of Creativepio Lombok Island.