Selamat Datang di Blog Piocreative | Mari Berbagi | Terimakasih Atas Kunjungannya....!!

Cara Mengatasi Anak Pemalu

Posted by Masjun efendi Minggu, 07 Oktober 2012 0 komentar
Cara Mengatasi Anak Pemalu - Hai sobat postingan kali ini akan mengulas mengenai Cara Mengatasi Anak Pemalu. Semoga artikel mengenai Cara Mengatasi Anak Pemalu dapat bermanfaat bagi kita semua.

Anak yang memiliki sifat pemalu yang berlebihan terkadang membuat orang tua kebingungan untuk mengatasinya. Sebagai orang tua, tentu merupakan suatu kewajiban untuk membantu sang anak agar dapat mengatasi rasa takut dan malu, terlebih saat bertemu orang baru. Orang tua pasti akan merasa khawatir akan perkembangan kehidupan sosial anak di masa depan. Selain itu, anak juga akan selalu tergantung pada orang tuanya.



Anak-anak pemalu cenderung membatasi pengalaman mereka, takut mengambil resiko sosial dalam pergaulan dan pada akhirnya mereka tidak akan memiliki rasa percaya diri dalam berbagai situasi sosial. Di bawah ini beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan orang tua, untuk membantu anak pemalu agar bisa merasa lebih nyaman dalam kelompoknya. Untuk melengkapi artikel ini ada baiknya, Anda melihat juga artikel 8 Cara untuk Memaksimalkan Potensi Anak, sebagai referensi.

Kontak Mata

Saat Anda berbicara dengan si kecil, katakan kepadanya "Tatap Mataku" atau "Lihat Aku". Dengan kesadaran untuk menguatkan kemampuannya dan menerapkan metode ini secara teratur, maka si kecil akan terbiasa melakukan kontak mata dengan lawan bicaranya ketika sedang bermain atau berdiskusi di dalam kelas.

Interaksi Sosial

Persiapkan anak Anda untuk acara sosial yang akan dihadiri seperti acara Ulang Tahun temannya, dengan menjelaskan bagaimana suasananya, apa yang diharapkan dan siapa saja yang hadir. Kemudian bantu dia untuk mempraktekkan bagaimana bila bertemu dengan orang lain, etika di meja makan, kemampuan percakapan dasar dan bahkan mengatakan "selamat Ulang Tahun" pada temannya dengan baik.

Praktek dengan Teman yang Lebih Muda

Ajak anak Anda bermain dengan teman atau saudaranya yang lebih muda untuk beberapa waktu. Cara ini baik bagi anak untuk mempraktekkan kemampuan bersosialisasi (memulai pembicaraan serta menggunakan kontak mata) jika dia malu mencobanya dengan teman seusianya.

Bermain Berdua

Bermain berdua dengan teman merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kepercayaan diri pada anak. Anak Anda dapat mengundang seorang temannya untuk berkunjung dan bermain agar mereka bisa lebih saling mengenal dan melatih kemampuan dalam menjalin pertemanan. Sediakan makanan ringan dan jaga agar kegiatan ini tidak terganggu oleh kakak atau adiknya serta siaran TV.

Inilah beberapa cara yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk membantu mengatasi rasa malu serta untuk membangun rasa percaya diri pada anak, semoga artikel ini bermanfaat. Silahkan Anda mempraktekkannya dan jika berhasil jangan lupa ucapkan Alhamdulillah.



sumber: http://www.cara-mengatasi.com

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Mengatasi Anak Pemalu
Ditulis oleh Masjun efendi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://creativepio.blogspot.com/2012/10/cara-mengatasi-anak-pemalu.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Poskan Komentar

Modified by info update - Panduan Blogging SEO. Original by Bamz | Copyright of Creativepio Lombok Island.