Selamat Datang di Blog Creativepio | Mari Berbagi | Terimakasih Atas Kunjungannya....!!

MIT Dinobatkan Jadi Universitas Nomor 1 di Dunia

Posted by Unknown Kamis, 25 Oktober 2012 0 komentar


Salah satu sudut kampus MIT, AS. (Foto: Alamy)
Salah satu sudut kampus MIT, AS. (Foto: Alamy)


Setelah dua tahun menyandang gelar sebagai kampus terbaik dunia, University of Cambridge, Inggris, terdepak oleh kedigdayaan Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat. Tahun lalu, MIT "hanya" berada di posisi ketiga.

Fakta ini sesuai dengan laporan pemeringkatan kampus dunia terakhir yang dikeluarkan QS World University Rankings. Pada data tahun 2012 ini, University of Cambridge harus puas dengan menduduki peringkat kedua. Sementara itu, Harvard terdepak dari posisi ke dua pada 2011, menjadi posisi ketiga tahun ini. Demikian seperti dilansir Huffington Post, Kamis (25/10/2012).

Lembaga pemeringkat institusi pendidikan, Quacquarelli Symonds (QS), yang berbasis di London ini setiap tahun, merangking 400 kampus unggul dunia berdasarkan enam indikator. Keenamnya adalah reputasi akademik, rasio fakultas dengan mahasiswa, sitasi per fakultas, reputasi karyawan, proporsi untuk program intrenasional, dan presentase dari pelajar internasional.

Tahun ini, proporsi kampus-kampus Amerika dalam daftar tersebut masih sekira 60 persen dari total kampus yang masuk pemeringkatan. Selain Harvard dan MIT, kampus AS lainnya yang masuk 10 besar kampus unggul dunia bersi QS adalah Yale University (7), University of Chicago (8), Princeton University (9), dan California Institute of Technology (10).

Pemeringkatan tahun ini juga menampilkan subjek pemeringkatan baru, yakni ilmu komunikasi dan media. Subjek tersebut berada di bawah kategori ilmu sosial, satu dari lima area yang diperiksa pada pemeringkatan teresebut. Area-area tersebut adalah seni dan humaniora (art and humanity), teknik dan teknologi (engineering and technology), ilmu kehidupan (life sciences) dan ilmu alam (natural sciences).

University of Oxford, Cambridge, dan Harvard, mendominasi rangking pada aera seni dan humaniora, khususnya pada segmen bahasa dan sastra Inggris, geografi, sejarah, bahasa modern, dan filosofi. MIT menjadi unggulan di lima kategori rangking teknik dan teknologi, yakni teknki kimia, teknik sipil, ilmu komputer, teknik elektro, serta teknik mekanik, aeronautika, dan manufaktur.

Berikut 10 kampus unggul dunia versi QS World University Rankings:

1. Massachusets Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat

2. University of Cambridge, Inggris

3. Harvard University, Amerika Serikat

4. University College, London

5. University of Oxford, Inggris

6. Imperial College, London

7. Yale University, Amerika Serikat

8. University of Chicago, Amerika Serikat

9. Princeton University, Amerika Serikat

10. California Institute of Technology, Amerika Serikat.



Sumber : http://kampus.okezone.com/
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: MIT Dinobatkan Jadi Universitas Nomor 1 di Dunia
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://creativepio.blogspot.com/2012/10/mit-dinobatkan-jadi-universitas-nomor-1.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Modified by info update - Panduan Blogging SEO. Original by Bamz | Copyright of Creativepio Lombok Island.