Selamat Datang di Blog Piocreative | Mari Berbagi | Terimakasih Atas Kunjungannya....!!

Membuat Poster Iklan Minuman dengan Photoshop

Posted by Masjun efendi Minggu, 21 Oktober 2012 0 komentar
Kita kembali lagi untuk tutorial Photoshop. Di Tutorial kali ini, kita akan mencoba membuat sebuah poster iklan untuk produk minuman. Disini, kita akan belajar bagaimana menggabungkan efek percikan air seperti yang biasa kita lihat dalam poster iklan produk minuman. Selain itu, kita juga akan membuat sebuah botol yang realistis tahap demi tahap langsung dari awal dengan Adobe PhotoshopLets Check it Out..!!!




STEP 1
Buat dokumen baru di Photoshop. Untuk tutorial kali ini, saya mengatur lebar sebesar 800 px dan tinggi 1000 px.



STEP 2
Pad layer palette, pilih layer Background lalu pilih Gradient Tool (G), atur pewarnaan radial untuk gradient tool dari hijau muda ke hijau tua. Jika sudah, drag mouse anda dari bagian tengah halaman ke bagian pinggir untuk mengaplikasikan gradasi pada layer Background.




STEP 3
Pilih Pen Tool (P) Lalu buat sebuah garis seperti pada gambar dibawah ini.



STEP 4
Sekarang gunakan Direct Selection Tool (A) untuk menduplikasi objek garis. Cukup tekan dan tahan tombol Alt di keyboard, kemudian drag garis lalu lepas.



STEP 5
Masih dengan Direct Selection Tool (A). Klik kanan pada objek garis hasil duplikat, lalu pilih Free Transform Path. Jika sudah, pada menu bar, pilih Edit>Transform Path>Flip Horizontal untuk merefleksi objek garis secara horizontal sehingga menjadi seperti pada gambar dibawah.



STEP 6
Untuk membuat objek dua garis tersebut membentuk sebuah botol, kita perlu menyambungkan ruang kosong di bagian atas dan bawah. Lakukan hal tersebut menggunakan Pen Tool, klik di satu titik lalu klik pada titik di ujung lainnya untuk menyambung garis.



STEP 7
Buat sebuah layer baru diatas layer background dengan klik tombol Add New Layer pada bagian bawah layer palette. Ganti nama layer menjadi 'botol'



STEP 8
Dengan Pen Tool (P), klik kanan pada objek garis lalu pilih Make Selection untuk membuat seleksi berdasarkan bentuk garis.



STEP 9
Pastikan warna foreground (warna depan) adalah putih dengan menekan tombol D di keyboard. Lalu isi seleksi berbentuk botol dengan warna putih menggunakan Paint Bucket Tool. Jika sudah, tekan Ctrl + Ddi keyboard untuk menghilangkan seleksi.



STEP 10
Klik ganda pada layer 'botol' di layer palette untuk membuka jendela layer style. Pada layer style, atur nilai dan warna yang terdapat pada gradient overlay seperti pada gambar dibawah ini.



STEP 11
Kemudian atur juga nilai untuk Inner Glow seperti pada gambar dibawah ini.



STEP 12
Buat layer baru dengan nama layer 'tutup botol', dilayer baru tersebut, buat sebuah persegi dibagian atas botol dengan Rectangle Tool. beri warna coklat. Kemudian, ambil seleksi dari layer 'botol' dengan caratekan dan tahan Ctrl di keyboard, lalu klik pada thumbnail layer botol di layer palette. Jika sudah, pilihSelect>Inverse untuk membalik seleksi, lalu tekan Delete di keyboard untuk menghapus bagian persegi yang keluar dari objek botol.



STEP 13
Tambahkan tekstur ke tutup botol. Caranya, pilih layer tutup botol, lalu pilih Filter>Noise>Add Noise. Atur nilai yang terdapat pada Amont sebesar 10.



STEP 14
Aplikasikan juga gradient overlay dengan layer style seperti yang kita lakukan pada objek botol tadi. tapi kali ini, berikan warna dari coklat muda ke coklat tua (lihat gambar).



STEP 15
Buat sebuah layer lagi untuk bagian bawah tutup botol, lalu buat sebuah bentuk seperti gambar dibawah dengan menggunakan Rectangle Tool. Gunakan Blending mode untuk membuat shadow atau bayangan untuk objek tersebut (lihat gambar dibawah).



STEP 16
Buat sebuah layer baru dan beri nama layer 'reflection'. Kita akan membuat sebuah efek pendaran cahaya botol. Ambil seleksi dari objek botol, lalu sapukan brush seperti gambar dibawah ini pada layer reflection.



STEP 17
Ubah blending mode dari layer reflection menjadi Screen dan atur opacity menjadi 50 %.



STEP 18
Tambahkan Layer mask dengan menekan tombol Add Layer Mask di bagian bawah layer palette. pastikan warna foreground adalah hitam lalu sapukan brushes (B) di bagian tengah reflection seperti gambar dibawah ini. Kalau berhasil, maka pendaran cahaya yang tersisa hanya terdapat di bagian pinggir botol.



STEP 19
Tambahkan Label untuk botol, bisa apa saja. Sebagai contoh, saya menggunakan logo Desain Studiosebagai label di tutorial kali ini.



STEP 20
Download Buble Brushes lalu install dengan cara copy ke folder brushes photoshop. Pilih Brushes Tool (B), lalu klik pada tanda panah kecil di bagian atas jendela pengaturan brushes lalu pilih Load Brushes. Browse lokasi dimana brushes tadi disimpan. Jika sudah, pilih salah satu buble seperti pada gambar dibawah ini.



STEP 21
Pilih Window>Brushes untuk membuka jendela Brushes palette, atur nilai pada tab Shape Dynamic danScattering seperti pada gambar dibawah ini.



STEP 22
Buat layer baru dan sapukan brushes ke bagian pinggir botol seperti gambar dibawah. Mainkan besar kecilnya brushes sehingga menghasilkan bentuk seperti gambar dibawah ini.



STEP 23
Masukkan gambar embun pada daun yang bisa anda temukan disini. Ganti blending mode layer gambar embun menjadi Overlay, lalu posisikan gambar ditengah-tengah objek botol. Perbesar gambar embun ke bawah lalu gunakan Layer Mask untuk menghapus bagian yang keluar dari botol.



STEP 24
Duplikasi layer embun, lalu perkecil sedikit dan posisikan dibagian leher objek botol. Sama halnya dengan step sebelumnya, gunakan juga layer mask untuk menghapus bagian yang keluar dari botol.



STEP 25
Masukkan gambar percikan air yang bisa ditemukan disini. Kemudian, pilih Window>Channel untuk masuk kebagian Channel Palette. Cari Channel yang paling kontras (dalam hal ini adalah Red), laluduplikasi channel tersebut.



STEP 26
Pilih Channel Red Copy, lalu tekan Ctrl + L untuk mengatur adjustmen Level channel tersebut. Atur nilai yang terdapat pada bagian Level seperti pada gambar dibawah.



STEP 27
Tekan dan tahan Ctrl lalu klik pada thumbnail channel red copy untuk mengambil seleksi. jika sudah, kembali kebagian layer palette. Pada layer gambar percikan air, pilih Select>Inverse untuk membalik seleksi, lalu tekan Delete di keyboard untuk menghapus bagian selain air.



STEP 28
Posisikan percikan air di tengah objek botol, lalu pada bagian bawah Layer Palette, klik tombol Create New fill or Adjustment Layer sambil menahan tombol Alt di keyboard. Jangan lepas tombol Alt sebelum memilih Color Balance.



STEP 29
Atur nilai di bagian Color Balance seperti pada gambar dibawah ini.



STEP 30
Agar objek terlihat menyatu dengan botol, gunakan layer mask dan hapus bagian tengah objek percikan air.



STEP 31
Sepertinya percikan air kurang terlihat hijau, gunakan dengan menggunakan Adjustmen Photo Filter(terapkan proses yang sama seperti saat mengaplikasikan color balance). Pada Jendela Photo Filter, atur nilai pada Filter menjadi Green dan atur nilai Density menjadi 48 %.



STEP 32
Buat layer baru di atas layer background, buat sebuah lingkaran sebagai bayangan bawah botol dan beri warna hitam untuk lingkaran tersebut. Pilih Filter>Blur>Gaussian Blur untuk membuat soft gambar bayangan. Ganti Blending Mode ke Multiply dan Opacity sebesar 10 %.



STEP 33
Masukkan gambar daun yang bisa anda dapatkan disini. Gunakan magic wand tool (W) lalu klik pada bagian putih pada gambar daun. Tekan tombol Delete di keyboard untuk menghapusnya.



STEP 34
Posisikan gambar daun dibagian paling belakang dari semua objek. Berikan Adjustment berupaHue/Saturation hanya pada layer daun dengan cara tekan dan tahan tombol Alt saat memilih Hue/Saturation.



STEP 35
Atur nilai yang terdapat pada Hue/Saturation seperti pada gambar di bawah ini.



STEP 36
Duplikasi layer shadow (bayangan dibawah objek botol) untuk membuat bayangan yang lain untuk layer daun.



STEP 37
Langkah terakhir, buat layer baru diatas layer daun, ambil seleksi layer daun lalu sapukan brushes (B)dengan warna hitam di bagian pinggir objek botol (lihat gambar dibawah). Ganti Blending Mode layer tadi menjadi Multiply dan Opacity menjadi 32 %.



HASIL AKHIR

Beginilah hasil akhir Membuat Poster Iklan Minuman dengan Photoshop. Saya harap, anda mempelajari beberapa tehnik hingga bisa diaplikasikan untuk karya-karya desain anda. Selamat mencoba ya shobat Creativepio semuanya, semoga bermanfaat......!!

Photobucket



Sumber : http://www.desainstudio.com/
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Membuat Poster Iklan Minuman dengan Photoshop
Ditulis oleh Masjun efendi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://creativepio.blogspot.com/2012/10/membuat-poster-iklan-minuman-dengan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Poskan Komentar

Modified by info update - Panduan Blogging SEO. Original by Bamz | Copyright of Creativepio Lombok Island.