Selamat Datang di Blog Creativepio | Mari Berbagi | Terimakasih Atas Kunjungannya....!!

Pelajar 17 Tahun Ciptakan Alat Tes Jantung Ponsel

Posted by Unknown Minggu, 28 Oktober 2012 0 komentar

Catherine Wong dan EKG sederhana temuannya (Ist.)

Seorang pelajar berusia 17 tahun berhasil menemukan metode tes jantung dengan menggunakan smartphone. Hebatnya lagi, meski ia menciptakan aplikasi ini untuk smartphone, Catherine Wong (Nama gadis ini), mengaku tak pernah memiliki sendiri perangkat ponsel pintar.
"Saya tidak pernah memiliki smartphone dan saya masih tidak memiliki smartphone untuk diriku sendiri sampai saat ini," kata Wong. Ia menjelaskan, selama ini alat komunikasinya adalah Blackberry namun tanpa paket Internet.
Seperti dikutip dari Mashable (24/10) Catherine Wong adalah pelajar 17 tahun cerdas dengan skor SAT sempurna. Dalam temuannya, ia berhasil membuat sebuah perangkat elektrokardiogram (EKG) sederhana atau alat perekam aktivitas jantung yang kompatibel dengan ponsel.
Catherine adalah pelajar dari SMA New Jersey Morristown. Ia tinggal di sebuah perkampungan miskin dengan hampir 2 miliar orang yang tinggal tak memiliki akses internet.
Dalam presentasinya, Catherine menggunakan koneksi Bluetooth yang diletakkan disebuah alat yang ditempel di bagian jantung. Alat ini kemudian dihubungkan dengan smartphone sebagai server pendeteksi aktivitas jantung. Hebatnya, alat ini mampu men-scan dan memperbesar sinyal listrik kecil yang dibuat oleh jantung Anda dalam skala peta pada grafik real-time.
"Ini akan mengirim (scan) melalui telepon nirkabel, dan itu akan menampilkan secara real time. Tujuannya adalah untuk membuat sebuah EKG, tetapi pada ponsel," kata Wong
Selain dapat membaca, aplikasi EKG ponsel juga dapat di akses menggunakan internet. Sehingga alat ini dapat menghubungkan pasien dengan dokter, meski jarak mereka berjauhan.
Berkat temuannya ini Catherine menjadi salah Satu finalis di Google Science Fair tahun ini. Alat ini ia juga sempat memenangkan NPR’s Big Idea Contest, the Air Force Research Laboratory Special Award, dan penghargaan dari negara berkat ‘cellular electrocardiogram prototype’ buatannya.
"Saya ingin fokus pada pengembangan daerah. Saya pikir cara untuk mencapai orang-orang adalah dengan menggunakan teknologi yang begitu luas dan mudah diterima serta diadopsi,” jelasnya.



Sumber : http://www.wapcyber4rt.com/
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Pelajar 17 Tahun Ciptakan Alat Tes Jantung Ponsel
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://creativepio.blogspot.com/2012/10/pelajar-17-tahun-ciptakan-alat-tes.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Modified by info update - Panduan Blogging SEO. Original by Bamz | Copyright of Creativepio Lombok Island.