Selamat Datang di Blog Creativepio | Mari Berbagi | Terimakasih Atas Kunjungannya....!!

RANGKUMAN DAN PEMIKIRAN SAYA MENGENAI TOPIC-2 PADA MATA KULIAH PJJ

Posted by Unknown Jumat, 03 Agustus 2012 0 komentar
Assalamulaikum..... Wr.Wb.
HaEeey Shobat Blogger.... disini Saya Akan Sher sedikit mengenai tanggapan saya mengenai :
- HAKIKAT PEMBELAJARAN DI PJJ
- DAN MODUS PEMBELAJARN PJJ
Sebelumnya saya sebenernya sudah sher mengenai Tanggapan saya pada Topic-1 nya dan disini saya akan sher mengenai Tanggapan saya Pada Topic-2 nya, Oky Langsung saja ya Shob ke TKP... Hee

HAKIKAT PEMBELAJARAN DI PJJ

Menurut pendafaat Saya Hakikat di dalam pembelajaran PJJ ini adalah dimana Siswa atau peserta didik yang mengikuti PJJ sangat berperan aktif dalam pembelajaran PJJ, karena peserta didik yang harus menjadi senternya bukan Tutor lagi, sedangkan kalau di dalam bangku perkuliahan tatap muka Tutor atau Dosenlah yang menjadi senternya. Hakikat pembelajaran jarak jauh ini memang mahasiswalah yang berperan aktif dalam banyakhal terutama dalam penjadwalan belajar langsung atau kalau sewaktu – waktu peserta didik kepengen ketemu sama temen – temen yang ikut juga dalam program PJJ ini, begitu juga kalau peserta didik mau ketemu sama Tutor peserat didiklah yang mengatur kapan dan diman ketemunya. Tapi kita juga harus ingat bukan hanya peserta didik saja yang aktif dalam banyak hal tetapi dosen juga harus mempersiapkan materi atau pokok bahan ajar yang harus disampaikannya. Didalam PJJ ini mahasiswa bener – bener mandiri tapi mereka juga bisa menanyakan sesuatu yang dimana mereka kurang paham pada saat PJJ berlangsung, ya walaupun PJJ ini bisa di play back tapi yang namanya manusia tetap saling membutuhkan jadi intinya serang peserta didik juga masih membutuhkan orang ketiga.
Pembelajaran PJJ ini sangatlah membantu orang yang sudah lanjut usia, jadi itulah enaknya di PJJ ini tanpa memandang umur atau usia semua orang boleh mengikuti PJJ ini selama Orang tersebut tidak merasa terpaksa dan tidak ada tekanan dari siapapun melainkan kemauannya sendiri. Pokoknya inti dari Hakikat Pembelajaran PJJ ini adalah Mengajarkan peserta didik menjadi seseorang yang Mandiri dan Menjadi Senter dalam kegiatan Pembelajarn PJJ dan Peserta didik yang aktif dalam kegiatan Pembelajaran PJJ, tetapi Tutor juga harus ikut serta dalam keaktifan Peserta didik jadi Tutor juga harus siap kalau nantinya ada pertanyaan yang ndak dimengeri sama peserta didiknya. Mungkin hanya ini pendafat yang bisa saya uraikan dalam Hakikat pembelajaran di dalam PJJ.

MODUS PEMBELAJARAN PJJ

Modus Pembelajaran PJJ, menurut pendafat saya Modus Pembelajaran PJJ ini adalah Peserta didik dengan Dosen atau Tutor tidak saling bertatap muka tetapi jaraknya jauh. Disini Tutor melakukan kegiatan belajar mengajar tidak abstrak tetapi dibikin seolah – olah pada saat kegiatan belajar mengajar Tutor dan dosen saling bertatap muka walaupun sebenarnya jaraknya jauh. PJJ sangat membutuhkan yang namanya media sarana untuk melakukan kegiata pembelajaran PJJ.
Peserta didik yang mengikuti pembelajaran PJJ mampu menguasai materi – materi yang diberikan oleh Tutor andaikan ada yang tidak dimengerti oleh pesera didik, peserta didik boleh menanyakanya sama orang yang mengeri atau orang yang dinggap bisa membantunya. PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) yang diikuti oleh banyak orang diharapkan mampu menjawab soal – soal yang diberikan oleh Tutor dan peserta didik mapu menyelasaikan Tugas-tugas yang diberikan oleh tutor tepat pada waktunya.
Seiring berjalannya waktu Pembelajaran PJJ ini mulai dilakukan dengan ICT dan meninggalkan media Tradisional sebagai sarana pembelajaran PJJ, jadi dalam melakukan PJJ diharapkan Para pesereta didik mampu mengikuti perkembangan zaman, mau tidak mau kita harus mengikuti perkembangan zaman karena kalau tidak kita bisa tertinggal. Jadi intinya peserta didik harus mampu menguasai media – media yang ada pada zaman sekarang ini supaya tidak tertinggal atau biasa disebut GAPTEK (Gagap Tekhnologi). Hanya ini pendafat yang bisa saya sampaikan mengenai Modus pembelajaran PJJ.

Nha itulah Beberapa tanggapan Saya mengenai Hakikat dan Modus dalam Pembelajaran PJJ, Semoga bisa bermanfaat bagi Shobat semuanya Bye....!


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: RANGKUMAN DAN PEMIKIRAN SAYA MENGENAI TOPIC-2 PADA MATA KULIAH PJJ
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://creativepio.blogspot.com/2012/08/rangkuman-dan-pemikiran-saya-mengenai_3.html?m=0. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Modified by info update - Panduan Blogging SEO. Original by Bamz | Copyright of Creativepio Lombok Island.