Selamat Datang di Blog Creativepio | Mari Berbagi | Terimakasih Atas Kunjungannya....!!

RANGKUMAN DAN PEMIKIRAN SAYA MENGENAI TOPIC-1 PADA MATA KULIAH PJJ

Posted by Unknown Jumat, 03 Agustus 2012 0 komentar

Disini saya Akan menjelaskan Beberapa Tanggapan Saya Mengenai :
1. MENGAPA KITA HARUS MENGGUNAKAN PJJ
2. PENGERTIAN PJJ
3. TEORI DAN FILOSOFI PJJ
4. KARAKTERISTIK PJJ
5. PRINSIP PJJ 
6. PEMBELAJARAN DALAM PJJ

MENGAPA KITA HARUS MENGGUNAKAN PJJ

Alasanya kalau menurut saya mangapa kita harus manggunakan PJJ, karena PJJ ini sangatlah membatu dikalangan Orang yang rumah nya jauh sekali terutama para Pendidik, contoh Guru dan Dosen. Mengapa saya mengambil Guru dan Dosen karena kalau mereka harus kuliah dengan tanpa PJJ donk siapa yang akan mengajar para murid atau Siswa? Sedangkan kalau Kuliah dengan menggunakan PJJ mereka tidak harus meninggalkan anak-anak peserta didik mereka dan mereka juga tidak harus meninggalkan keluarga merek, karena seperti yang kita tahu sebagian besar para pendidik di Negara kita ini rata-rata sudah menikah semua. Jadi dengan adanya PJJ merekakan tidak perlu lagi repot-repot meninggalkan sanak keluarga dan pekerjaan mereka sebagai seorang pendidik.
PJJ ini juga sangatlah cocok diterapakan dalam negara yang banyak pulau-pulau nya ya ambil aja contoh negara kita tercinta ini yang terdiri atas beribu-ribu pulau jadi kan kalau mereka harus pergi ke kota jauh banget mereka harus menyebrang lautan dan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit jadi dengan adanya PJJ ini mereka tidak usah lagi bersusah payah buat kuliah ke kota-kota atau tempat kuliahnya yang harus nyebrang lautan dengan PJJ semua teratasi dan tidak perlu lagi harus banyak-banyak mengeluarkan uang untuk biaya kos atau konterakan, biaya makan karena dengan PJJ ini anda bisa berduduk manis dirumah masing-masing sambil ngetehlah atau sambil ngofy. Mungkin hanya itu yang dapat saya simpulkan mengenai Mengapa PJJ itu dibutuhakan atau diperlukan.

PENGERTIAN PJJ

Pengertian PJJ menurut pendafat saya adalah Suatu kegiata Belajar – mengajar dimana yang belajar dan yang mengajar itu tidak saling bertatap muka yang bersifat virtual, maksudnya disini adalah seolah-olah kita lagi bersama pengajar tetapi sebenernya yang mengajar kita itu berada ditempat yang lain. Dan PJJ ini juga tidak mewajibakan Pengajar dan yang belajar ditempat yang sama dan tidak langsung nertatap muka.
Tutor atau pembicara yang menyampaikan pembelajaran tidak bertatap muka antara yang belajar karena cukup dengan media ntah itu dia menggunakan CD/DVD, Televisi, pembelajaran berbasis komputer, audio, kaset, Radio, Aksess Internet dan Lain sebagainya... mereka bisa belajar, karena PJJ ini sudah dikonsepakan tanpa harus bertatap muka tetapi Jadwalnya sudah tersetruktur. Tetapi sewaktu – waktu Pengajar dan yang belajar diajar saling bertatap muka kita ambil contoh simpel disini pas Ujian mungikin, karena saya juga belum pernah melakukan PJJ tetapi Dosen saya sempat menceritakan saya tentang waktu mereka ketemu sama Dosennya atau Tutornyalah. Sebenernya inti dari semua ini adalah PJJ itu merupaka kegiatan  belajar mengajar yang dilakukan tanpa harus saling bertatap muka antara Tutor atau pengajar dengan yang belajar. Jadi itu sedikit pendafat menurut saya pak tetang pengertian PJJ itu.

TEORI DAN FILOSOFI PJJ

Teori dan Filosofi PJJ menurut pendafat saya adalah kegiatan belajar – mengajar menggunakan suatu media entah itu CD/DVD, Video, Televisi, Aksess internet dan Lain – lainya. Teori dan Filosofi PJJ bagaiman seorang Tutor membuat bahan ajaran mereka menjadi menarik sedemikian rupa sehingga orang yang lagi belajar bisa aktif dalam proses kegiatan belajar – mengajafr sehingga juga tidak ada lagi yang namanya kebosenan dalam belajar karena dengan diterapkannya kegiatan mengajar yang menarik. Dengan penjelasa yang tingi atau mudah dipahami Tutor atau pangajar mengharapkan para audion atau yang melakukan kegiatan belajar tersebut diharapkan mampu mengngembang kannya dengan baik. Tutor atau pembicara dalam penyamian materi harus bener – bener bisa membuat suatu yang abstrak pelajaran yang yang tidak nyata menjadi nyata kepada orang yang melakukan kegiatan belajar tersebut jadi supaya mereka juga cepat paham.
Jadi inti dari semuanya adalah se-orang Tutor atau pengajar itu harus bener – bener menguasi materi yang dibawakan pada saat kegiatan belajr – mengajar tersebut dan bisa memberikan contoh – contoh yang seakan – akan nyata gitu. Mungkin Cuma ini pendafaat yang bisa saya sampaikan mengenai Teori dan Filosofi PJJ ini.

KARAKTERISTIK PJJ 

Defenisi dari Karakteristik PJJ menurut pendafaat saya adalah sebagai berikut :
1.   Proses Kegiata belajar mengajar yang memerlukan interface sebuah media baik itu berupa Komputer atau pun dengan media sejenisnya.
2.   Menyediakan Pokok bahasan yang akan dibahas nanti pada saat kegiatan belajar – mengajar supaya natinya interaksinya berjalan dengan mulus atau lancarlah.
3.   Tutor atau pengajar setidaknya ketemulah dalam 1.thn sekali ke ya tujuannya untuk menyambung silaturahmi dan menghilangkan kejenuhan dari sang Tutor ataupun dari yang belajar.
4.   Pengajar dan yang belajar tidak saling bertatap muka langsung tetapi cukup dengan media sudah bisa belajar.

Dan inti dari semuanya kalau menurut saya adalah gimana cara seorang Tutor dan si Pendengar atau yang melakukan kegiatan Belajar tidak jenuh karena dengan jarak yang bisa dibilang jauhlah dengan cara – cara yang tadi, sebagi contoh ketemu sama Tutor sekali masa dan saling smzanlah dengan mungkin dengan cara, contohlah Bapak giman keluarganya sehat? Nha itu contoh kecilnya dan masih banyak lagi yang bisa kita lakukan supaya kegiatan Belajar – mengajar PJJ kita menjadi menyenagkan tidak membuat bosan lagi.

PRINSIP PJJ 

Prinsip PJJ kalu menurut pendafat saya adalah Peserta Didik diharapkan mampu mengambangkan apa yang mereka sudah dapat didalam kegiatan PJJ mereka dan mampu mengimbangi perkembangan dunia dengan ilmu yang sudah mereka dapatkan. Mereka juga diharapkan bisa membantu masyarakat yang belum mendafaatkan apa yang sudah didapatkan oleh peserta PJJ.
Dan Peserta Didik diharapkan mampu dalam meminij waktu mereka, memilih jurusan sesuai dengan kemampuan mereka masing jangan mengambil jurusan yang bikin mereka tertanam sendiri. Keselarasan antar Tutor dengan audien ini dilakukan supaya dalam kegiatan belajar – mengajar menjadi enak. Audien mungkin tidak semerta – merta paham dari penjelasan pada saaat mereka melakukan PJJ meraka juga butuh yang namanya orang ketiga yakni orang disekitar mereka yang bisa ngertilah apa yang disampaikan padaa saat kegiatan PJJ berlangsung, jadi initinya mereka juga harus nayaklah siapa tau orang itu bisa. Peserta didik disarankan bisa mengembangkan apa yang mereka dapat dalam PJJ sesuai dengan yang dibutuhkan pada saat itu, supaya jangan sia – sialah apa yang sudah mereka kembangkan tersebut. Yang dipelajari oleh peserta didik merupakan hal yang baru yang belum pernah mereka pelajari, memanfaatkan sumberdaya atau media yang ada untuk kegiatan PJJ, informasi yang didafaatkan oleh peserta didik dapat secara cepat dan sangatlah mudah dalam mendafaatkan segala informasi  dan yang terakhir peserta didik itu harus bener – bener bisa memilih jurusan yang tepat. Mungkin hanya ini pendafat yang bisa saya uraikan dalam Prisip PJJ ini.

PEMBELAJARAN DALAM PJJ

          Pembelajaran dalam PJJ kalu menurut pendafaat saya adalah Proses kegiata belajar mengajar yang dilakukan tanpaa harus saling bertatap muka yang walaupun kadang – kadang pengajar dan peserta didik bertemu. Tetapi intinya pembelajaran PJJ ini adalah belajar yang antara pengajar dan peserta didik saling berjauhan tidak berada ditempat yang sama.
Beberapa Langkah dalam Pembelajarn PJJ :
1.   Memilih Program yang peserta didik itu senang
2.   Memilih waktu yang tepat untuk kegiatan belajar - mengajar
3.   Memilih jurusan yang dibutuhkan ditempat mereka atau peserta didiklah
4.   Memilih topic yang pas
Beberapa Bentuk PJJ itu antaralain :
1.   Kedua belah pihak antara pengajar dan peserta didik tidak ada yang namanya keterpaksaan melainkan kemaun mereka masing – masing karena di PJJ ini tidak ada yang namanya unsur keterpaksaan.
2.   Peserta didik melakukan PJJ ini tidak diwakilkan sama siapa saja melainkan dia sendiri yang melakukannya karena ditakutkan ketidak mengertian peserta didik yang besangkutan, tetapi kalau masalah orang ketiga tetap dianjurkan.
3.   Sewaktu – waktu kedua belah pihak dianjurkan untuk bertemu tujuannya supaya menghilangkan kejenuhan dalam proses belajar – mengajar dan menyambung sillaturhmi antara peserta didik dengan pengajar.





TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: RANGKUMAN DAN PEMIKIRAN SAYA MENGENAI TOPIC-1 PADA MATA KULIAH PJJ
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://creativepio.blogspot.com/2012/08/rangkuman-dan-pemikiran-saya-mengenai.html?m=0. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Modified by info update - Panduan Blogging SEO. Original by Bamz | Copyright of Creativepio Lombok Island.