Selamat Datang di Blog Creativepio | Mari Berbagi | Terimakasih Atas Kunjungannya....!!

Warna Campuran

Posted by Unknown Kamis, 22 November 2012 0 komentar
Ini warna ini campur jadilah WARNA CAMPURAN, satu teory yg gw dapet dari Color Theory ini .Terima kasih kepada Bpk.Santo, bapake,emak gw dan seluruh sanak keluarga gw lah. Intinya disini gw bakal ngebahas semua yg berhubungan dgn Campuran Warna ,atau bisa di bilang Warna campuran ya entahlah kalian mau menyebutnya apa.

Dan ngek "abaikan", Berikut penampakan warna warna campuran RGB :


Masih belom jelas juga sama gambar di atas ? yaoloh gaya baim . Gini loh kesimpulannya. Kombinasi dari RGB ini menghasilkan warna ADDITIVE CAMPURAN

  • RED + GREEN = YELLOW 
  • RED + BLUE = MAGENTA 
  • GREEN + BLUE + CYAN 
  • RED + GREEN + BLUE + WHITE
Ada pula campuran warna CMY (Cyan Magenta Yellow), kalau digabungkan disebut warna SUBTRACTIVE.


  • MAGENTA + YELLOW = RED 
  • YELLOW + CYAN = GREEN 
  • MAGENTA + CYAN = BLUE 
  • CYAN + MAGENTA + YELLOW = BLACK 

Warna-warna pigmen ini dihasilkan menggunakan alat-alat warna seperti tinta, cat. Warna pigmen ini kalau digabungkan akan saling menyerap warna, maka hasil gabungannya warna hitam. Berasa anak SD ya balik ke tambah-tambahan lagi ? plak. Yang jelas begitulah asal mula warna campuran. Kalo asal jangan usul,kalo usul ga boleh ngasal ngok !!

Sebenernya masih ada warna campuran lain yg lebih banyak kalo sobat bereksperimen sendiri ! Hey yoo, udah gede kali ya, jadi bisa langsung coba sendiri aja dirumah...Up_D:

Baca Selengkapnya ....

Color in Photography

Posted by Unknown 0 komentar
Hey, balik lagi bersama saya (lagi)..hoho. Di minggu ini akhirnya kita membahas sesuatu yg berbau foto, ya benar sekali "Photography". Intinya dari judul pembahasannya aja udah interesting banget kan, excited gitu. Mau tau lebih lanjut tentang warna di dalam konteks photography ? 

Menurut sumber yang gue baca (wikipedia) istilah fotografi berasal dari bahasa Yunani, photo (cahaya) dan graphein pada tahun 1839. Fotografi adalah sebuah metode merekam gambar dengan menggunakan cahaya pada material yang sensitive cahaya.

 Jauh sebelum photo pertama kali dibuat, Filsuf Cina Mo Ti dan Ahli Matematika aristotele dan Euclid telah mengemukakan hukum optic mengenai pinhole kamera (camera box) pada tahun 500 dan 400BC yang menjadi latar belakang pemikiran terciptanya camera obscura. Ibn Al Haytam tentang Pinhole camera dalam buku ‘Book Of Optics’ pada tahun 1021. Camera obscura adalah alat yang dapat merefleksikan objek terbalik melalui sebuah kotak yang diberi lubang pada salah satu sisinya.


Warna dalam Potografi


Fotografi sebetulnya adalah mengenai merekam warna, Perbedaan pencahayaan akan menyebabkan efek dramatis yang berbeda-beda pada hasil foto. Fotografi dapat menangkap berbagai jenis tone warna dari sumber cahaya yang berbeda-beda yang tidak tertangkap oleh mata manusia. 

Hasil foto terkadang nampak ‘salah’ bila pencahayaan tidak tepat misalnya hasil photo tampak terlalu merah, terlalu hijau atau terlalu biru, dll. Kita dapat megkoreksi perncahayaan in dengan tools, baik dalam proses pemotretan, proses pencetakan ataupun mengeditnya di photoshop.

Panjang gelombang cahaya matahari berbeda-beda tergantung waktu, di pagi hari dan sore menjelang malam cahaya akan lebih redup dibandingkan dengan siang hari saat matahari sedang bersinar penuh dengan posisi vertical.

Warna selalu memberikan kesan. Setiap individu memiliki kesan berbeda terdadap warna, sebab warna sangat merespon mata dan merangsang rasa/ Pilihan warna dalam foto memberi pengaruh langsung terhadap persepsi penikmatnya. Warna juga menjadi symbol serta identifikasi terhadap sesuatu. 

Warna sangat berkorespondensi dengan elemen bentuk maupun cahaya. Karena itu, warna menjadi salah satu elemen penting dalam fotografi. Foto-foto pictorial lebih cenderung menekankan warna agar terlihat eye catching.

Kembali ke topik awal, WARNA. Karena fotografi itu merekam warna, jadi bisa jadi hasil foto tampak 'salah' jika pencahayaan tidak tepat. Warna dalam fotografi ada 3 : 

1. Warna Fisik / Cahaya 2. Warna Kimiawi : tinta, pencampuran developer 3. Warna Psikis : warna di film, hasil foto 

"Foto seni (fine art) adalah foto-foto piktorialisme, yakni jenis foto yang menonjolkan estetika yang meniru pencitraan gambar (picture) atau lukisan (painting). Jenis foto ini lebih menyerukan keindahan atau nilai artistik instriknya ketimbang kandungan makna foto itu sendiri. Elemen -elemen yang diekploitasi oleh fotografer foto seni ialah komposisi, penyinaran yang dramastis ( chiroscuro) dan nada warna
(Paul I. Zacharia)"

Cukup di perlukan juga adaptasi yang cukup disini untuk mendapat suatu hasil foto yg baik, tentang white balance, dan lain lain. Selain itu, dalam fotografi, cahaya memiliki 4 sifat dasar :
  1. Cahaya dapat menembus : menebus bahan tdk padat (kain, kertas, dll), jd kualitas kerasnya cahaya bisa dibuat lunak/soft.
  2. Cahaya dapat difokuskan : dpt disalurkan kemana kita kehendaki, dikumpulkan dan difokuskan supaya kuantitas kebih besar lagi. Contoh : sinar matahari difokuskan dengan surya kanta/loop. Cahaya dapat dipantulkan : dengan cermin, styrofoam, kertas perak, dll (reflektor). 
  3. Cahaya mempunyai warna : tergantung pada suhu cahaya (kelvin meter/color meter). Foto jam 8-10 pagi untuk foto outdoor, sedangkan 3-5 sore untuk siluet.
Sumber pencahayaan studio :
  1. Sinar Matahari : jendela/window lighting, sebaiknya tdk langsung mengenai objek karena susah mengatur kontras.
  2. Lampu Tungsten/Fotoflood : continuous lighting, bersinar secara terus menerus, lebih mudah pengaturannya, tapi silau, panas, dan kecepatan lambat. 
  3. Flash : elektronik (canon speedlight, SB Nikon, Metz, Nissin, dll), atau alat-alat yang canggih, seperti broncolor, visatec, bowens, hensel, proflash, electra, multiblitz, elinchrom, dll.


Sumber : Berbagai Sumber

Baca Selengkapnya ....

History of color (II) | Color Context

Posted by Unknown 0 komentar
Sedikit lanjutan dari sejarah warna di postingan sebelumnya shob.

Bauhaus adalah sekolah seni dan design yang sangat berpengaruh di Jerman , mencetuskan konsep-konsep seni terapan yang disebut gerakan Bauhaus yang terkenal konsep fungsionalnya.




Perkembangan warna untuk seni rupa :

- Seniman menggunakan warna sebagai naluri keindahan / tujuan simbolis tertentu.

- Zaman Yunani kuno , phytagoras , Plato Aristoteles yang hanya menggunakan 2 golongan warna yaitu gelap dan terang .

- Leonardo da Vinci menyatakan bahwa warna adalah putih , Ia setuju jika kuning dicampur biru akan menjadi hijau . Warna tidak ada patokan

- Pada tahun 1680 , Sir Isaac Newton mengeluarkan lingkaran warna



Dulunya , warna digunakan sebagai kaidah agama , tapi saat ini warna dipercaya sebagai luapan emosi pribadi.

COLOR IN CONTEXT

Traditional Color

Sejarah seni rupa barat , merupakan simbol kekristenan yang banyak memakai warna :
  • White (albus) --- festival paskah dan natal 
  • Red (ruber) --- simbol dari darah - martir 
  • Green (viridis) --- kehidupan 
  • Black --- penguburan , good friday 
Sedangkan dalam tradisi Islam , warna dibayangkan dalam metaphisis , antara gelap dan terang , 2 hal yang membentuk alam semesta . Mereka mempunyai angka 7 sebagai pusat , konstruksi warna . Warna dalam agama islam juga bermakna sesuatu :
  • White --- matahari 
  • Black --- konsep keTuhanan 
  • Sandalwood --- natural netral 
  • Hijau --- air , kuning --- udara , biru --- bumi , dan merah --- api.
Sekian dulu update dari saya , akan dilanjutkan pada postingan selanjutnya . Selamat membaca dan semoga berguna.......!!



Sumber : Berbagai Sumber

Baca Selengkapnya ....

Sejarah Cat Tembok

Posted by Unknown 0 komentar

Warna sejak dahulu kala merupakan sesuatu yang sangat mempesona didalam sejarah kebudayaan manusia. Hampir disetiap daerah telah menghasilkan berbagai pewarna atau pigmen warna berdasarkan sumber daya yang tersedia pada waktu itu. Warna telah bersama kita selama lebih dari 20.000 Tahun lamanya. Ini terbukti dari ditemukannya beberapa lukisan gua beserta artefak kuno lainnya, dan juga lukisan-lukisan Cina kuno dengan warna-warna yang sangat indah, hal ini semakin memperkuat anggapan bahwa warna secara sempurna telah digunakan sejak puluhan ribu Tahun yang lalu.


Warna inipun banyak digunakan oleh orang Mesir kuno, dan dianggap memiliki unsur magis untuk penyembuhan suatu penyakit. Sekitar abad 1500 SM, aktivitas dan perkembangan seni lukis di Kreta, Yunani dan Mesir, sudah sangat maju pesat hingga sampai ke Roma. Disisi lain teknik pencampuran warna pun semakin berkembang dan variasi warnapun semakin variatif. Diantara abad 400 SM dan 600 SM, orang-orang Yunani dan Romawi mulai memperkenalkan teknik pewarnaan menggunakan pernis. Warna merah bagi suku Aztec Indian adalah lebih berharga daripada emas. Kemudian India dan Cina pun sudah mempraktekkan teknik penyembuhan melalui warna. Teknik penyembuhan ini tercatat dalam catatan diagnosis warna Cina kuno, The Nei/ching, sekitar 2.000 Tahun yang lalu.


Penemuan-penemuan tentang warna telah banyak ditemukan, namun tidak banyak nama-nama warna yang tercatat dalam sejarah pada saat itu. Pada Tahun 1960 dua ahli antropologi melakuakan penelitian penamaan warna di seluruh dunia. Hasilnya, dari sekian banyak bahasa ternyata kebudayaan manusia saat itu hanya mengenal dua warna, yaitu putih (cahaya) dan hitam (gelap). Dari 98 bahasa yang dipelajari, jumlah tertinggi istilah warna dasar ditemukan dalam bahasa Inggris, dimana ditemukan ada sebelas warna: hitam, putih, merah, oranye, kuning, hijau, biru, ungu, merah muda (pink), abu-abu, dan coklat. Jutaan warna lainnya memiliki sistim penamaan dengan meminjam nama berdasarkan contoh yang mereka lihat sehari-hari, seperti nama buah-buahan: alpokat (avocado), anggur (grape), peach, cokelat (tan), emas (gold), perak (silver), dll.


Salah satu penelitian tentang warna yang paling awal dilakukan adalah yang dibuat oleh Plato, dia menemukan bahwa dengan teknik mencampur dua warna akan menghasilkan warna ketiga yang berbeda, dan hal ini telah merubah teknik pembuatan warna ke depannya dan akan dipakai untuk selamanya.


Sebelumnya lukisan-lukisan gua terdahulu dibuat menggunakan teknik oksidasi besi (karat), maka orang Mesir kuno sudah mengembangkan cat dari bahan pigmen yang berasal dari unsur tanah (kuning, oranye, dan merah). Orang Roma membuat warna ungu yang dibuat dari unsur kerang (mollusks). Zat pewarna merah masakan (cochineal red), ditemukan pertama kali oleh suku Aztec Indian, dibuat dari kumbang betina cochineal. Untuk satu pon ekstrak warna merah dibutuhkan sekitar satu juta serangga. Kemudian warna merah tersebut diperkenalkan ke eropa oleh orang Spanyol pada tahun 1500 an. Kemudian India memperkenalkan warna kuning yang dibuat dari air seni sapi dicampur dengan lumpur dan diangkut ke London untuk proses pemurnian. Kemudian warna Sap green dari Blackthom Berry, dan Sepia Brown dari kantung tinta kering seekor cumi-cumi.
Cat terdiri atas pigmen warna, bahan pengikat (binder), dan pengencer (thinner) yang tepat sudah bisa dibuat dengan mudah pada waktu 5000 Tahun yang lalu. Blue Frit adalah warna pigmen sintetis pertama yang diproduksi oleh orang Mesir, terbuat dari unsur kaca biru di bawah tanah. Sebelum abad ke-19, istilah kata "cat" hanya diterapkan pada warna jenis minyak, yang bahan pengikatnya disebut "distemper".


Dalam kurun waktu 1000SM, cat dan pernis dibuat dan dikembangkan dari unsur karet yang diambil dari pohon akasia (saat ini lebih dikenal sebagai "gum arabic"). Saat ini warna umbers, ocher's dan blacks mudah diperoleh, warna baru lainnya juga ditemukan - pertama adalah "egyptian blue", "naples yellow" sekitar Tahun 500 SM dan "red lead" ditemukan secara tidak sengaja pada sekitar 2500SM. White lead diproduksi pada abad ke-2.



Sebelum abad ke-16, warna pigmen sebagian besar berasal dari zat warna yang alami dari kawasan Eropa dan daerah yang beriklim serupa. Antara 1550 dan 1850 mereka mulai menyebutnya sebagai zat warna alami dan mulai disesuaikan dengan iklim tropis Amerika Tengah dan India serta tempat-tempat lainnya.





Pada abad ke-17, kebutuhan white lead (timah putih) di Belanda mulai meningkat dan berusaha menurunkan biaya melalui penemuan "the stack proses". Semua cat timah putih dicampur kapur, lalu dimasukkan ke dalam cat undercoat (cat dasar) mereka, sedangkan timbal murninya disisakan untuk finish coats (cat akhir). Pada Tahun 1856, pewarna sintetis pertama "Mauvine", telah dibuat oleh Henry Perkins dari bahan Linseed Oil. Dan kemudian diapun menyadari bahwa bahan pewarna bisa dibuat secara sintetis dengan biaya yang lebih ekonomis.


Dan sejak saat itulah Liseed Oil (minyak biji rami) mulai dipoduksi secara masal.

Mereka juga telah berhasil membuat pigmen dari unsur zinc oxide, dan menyebutnya sebagai cat putih.



Dengan menggunakan pabrik cat besi dan seng yang berbasis pigmen, maka saat itu industri cat telah berhasil mengembangkan cat yang bisa dicuci untuk pertama kalinya dengan merek "Charlton White" pada Tahun 1867 (cat campuran pertama siap dipatenkan oleh D.R. Averill dari Ohio pada Tahun 1867, namun hal ini belum pernah diungkapkan sebelumnya di media masa).



The Sherwin-Williams Company menghabiskan 10 Tahun riset untuk menyempurnakan rumus formula cat yang lembut dibuat dari bahan minyak biji rami (linseed oil). Pada Tahun 1880, akhirnya mereka berhasil mengembangkan formula cat yang kualitasnya jauh melebihi kualitas cat yang ada pada saat itu.


Sejak saat itulah cat emulsi (emulsions paint) dibuat berdasarkan formula yang sama, diproduksi, dan dipasarkan sebagai "oil bound distempers". Pada Tahun 1880, cat yang baru telah tersedia dalam kemasan kaleng, dalam berbagai warna pilihan, dan telah diekspor ke seluruh penjuru dunia.



Sumber : Banyak Sumber

Baca Selengkapnya ....

"Colour Theory" What do you see ?

Posted by Unknown 0 komentar
"Colour Theory : What do you see ?", membahas tentang sejarah warna  lebih jelas tentunya . Di sini kita akan membahas tuntas 'SEJARAH', ya 'SEJARAH'.
Langsung simak aja deh kali ya , cekidot............

 Meaning of Color / Arti Warna


- The principles and theories regarding color have many means (loud, calm, fresh, .... etc.) - In some society, color are dictated by tradition and customs, such a wearing white or red wedding dress. - Color or colour is the visual perceptual property corresponding in humans to the categories called red, yellow, blue, black, etc. color derives from the spectrum of light (distribution of light energy versus wavelength) interacting in the eye with the spectral sensitives of the light. Arti warna pun berbeda-beda, ada Arti Warna dalam psikologi dan ada Arti Warna di dalam desain. Ya memang banyak Meaning of Color/Arti Warna ini menurut pandangan dari segi manapun . Yang kita tahu sebelumnya bahwa Warna dapat memanupulasi pikiran/otak kita dalam suatu hal.

Berikut adalah makna terkandung didalam warna pada aspek psikologi :

WARNA
MAKNA
KETERANGAN
clip_image001
Merah
Positif :
Kekuatan, energy, hasrat, cinta, kemerdekaanNegatif :
Bahaya, perang, kejam
Warna merah bisa berubah arti jika dikombinasikan dengan warna lain, seperti merah dan putih mempunyai arti kebahagiaan
clip_image002
Merah Muda (Pink)
Positif :
Kewanitaan, sensual, keremajaanNegatif :
Naif, kelemahan, kekurangan
Warna symbol wanita yang menggambarkan feminisme
clip_image003
Orange
Positif :
Kehangatan, keceriaan, getaranNegatif :
Meminta, mencari perhatian
Cocok digunakan untuk  sebuah produk
clip_image004
Kuning
Positif :
Sinar, kekayaan, keberuntunganNegatif :
Cemburu
Menekankan pada keberuntungan
clip_image005
Hijau
Positif :
Sehat, alam, pertumbuhanNegatif :
Kecemburuan
Warna hijau melambangkan kesuksesan untuk ukuran global
clip_image006
Biru
Positif :
Kepercayaan, ketenangan, kedamaian, ketulusanNegatif : Dingin, sedih
Memberikan kesan kepercayaan, dan banyak digunakan sebagai warna logo bank di Amerika
clip_image007
Ungu
Positif :
Kebangsawanan, cinta, kebenaran, kesabaranNegatif :
Sombong, angkuh, kejam
Perpaduan antara warna merah dan biru
clip_image008
Coklat
Positif :
Tanah,  bumi, alamNegatif :
Kotor, membosankan
Warna yang natural
clip_image009
Abu – abu
Positif :
Modern, cerdas, tenangNegatif :
Tua, sedih, lemah
Merupakan warna yang paling mudah dilihat mata
clip_image010
Putih
Positif :
Suci, bersih, jujur, murni, sederhanaNegatif :
Dingin, hampa
Budaya barat biasanya menggunakan warna putih untuk lambing pernikahan, tetapi di India dan China melambangkan kematian
clip_image011
Hitam
Positif :
Misteri, kuat, kokoh, keanggunan, kemewahanNegatif :
Kematian, duka cita
Pada kemasan hitam melambangkan kecanggihan, dan kemakmuran
Perkembangan Warna dalam Seni Rupa Dahulu warna digunakan secara artistik sebagai alat ekspresi manusia,dari zaman prasejarah sampai zaman modern ini. Dulu sebelum seni berkembang pesat seperti zaman sekarang ini , banyak di temukan fakta-fakta bahwa orang pada zaman prasejarah sudah mengenal seni dan mengekspresikannya baik pada lukisan atau pada karya-karya lainnya . Maksud lukisan di situ juga belum menggunakan peralatan-peralatan modern , mereka masih menggunakan dinding-dinding gua sebagai medianya , dan untuk warna mereka menggunakan bahan-bahan yg berasal dari alam ,baik itu biji-bijia,tanah liat,dan darah binatang . 

Berikut contoh lukisan pada dinding gua :

Lukisan pada dinding gua


Pelukis gua (Cave) di temukan di Lascaux dan Altamira (Perancis selatan dan Spanyol) . Tak bisa di pungkiri seiring itu seiring perkembangan zaman , mulailah terlihat jelas dgn adanya cat minyak dan tumbuh-tumbuhan pada abad ke-15. Pada abad ke-19 William Tuner (Inggris) adalah perintis pigmen warna biru,kuning,merah. Dan masih banyak cerita di balik itu.Yang berkesan adalah lukisan karya Claude Monet waktu itu , disini sudah mulai terlihat dan sehingga menampakkan perubahan warna.


Percampuran warna yg sudah cukup keren menurut saya *minder* . Dari perubahan-perubahan warna disini berkesan lukisan lebih jelas dan lebih hidup kelihatannya .
  • 1882, Monet, Renoir, Sisley, dan Bazille - Bertemu di Paris, memberontak academy akan tradisi klasikalnya ide barunya tentang warna.
  • Eksperimen Claude Monet, membuat lukisan objek dengan waktu yang berlainan dalam 1 hari, sehingga menampakkan perubahan warna. 
Vincent Van Gogh , pelukis pada zaman postimpresionisme sudah menggunakan warna untuk berekspresi. Ada juga Paul Gauguin yang menggunakan warna-warna cemerlang . Keduanya disebut pelopor gerakan baru ekspresionisme yang dilanjutkan oleh Paul Cezane yang memperkasar sapuan kuas . Sebagai seorang seniman tentu menggunakan warna sebagai naluri atau tujuan simbolis tertentu. 

Issac Newton (1642-1727) tertarik dengan teori cahaya dan warna. 

Zaman itu, warha dipercaya campuran - terang dan gelap. merah (terang) - biru - hitam (gelap). - akhir abad 17, banyak ilmuwan eksperimen dengan prisma. Newton berasumsi bahwa cahaya terdiri dari pertikel Corpuscles. 
  • 1864, James Clerk Maxwell , cahaya adalah elektromagnetik natural yang merambat.
  • Heinrich Hertz (gelombang radio), Milhem Rontagen (x-ray) (1845-1923) The trichormatic theory Pada awal abad 19 , Thomas Young (1773-1829) mata harus berisi sel yang peka rangsangan yang tersusun dari pertikel unsur/butir yang bergerak-gerak dengan panjang gelombang cahaya tertentu. Kombinasi warna, red, yellow, blue. Teori ini dilanjutkan pengembangannya oleh ilmuwan Jerman.


Sumber : - http://news.palcomtech.com/
              - http://colourtheory27.blogspot.com/


Baca Selengkapnya ....

Sejarah Spektrum Warna

Posted by Unknown 0 komentar


Isaac Newton membuat studi tentang warna mulai dari usia 23 pada Tahun 1666, dan mengembangkan teori lingkaran warna Newton yang memberikan wawasan tentang warna komplementer dan pencampuran warna aditif. Dia menyadari bahwa beberapa warna (magenta, ungu) tidak dapat diproduksi sebagai warna spektral. Salah satu kontribusinya adalah gagasan tentang cahaya putih terang yang mengandung semua panjang gelombang dari spektrum warna yang terlihat. Dia menunjukkan fakta ini dengan percobaan pada dispersi cahaya dalam prisma kaca.


Thomas Young menyarankan karakter tiga kali lipat dari persepsi warna pada Tahun 1802 dan berspekulasi bahwa ada tiga jenis reseptor warna sensitif di mata.

Pada Tahun 1860-an, James Clerk Maxwell menyelidiki penggunaan tiga warna primer dan menyadari bahwa tidak ada kombinasi aditif dari tiga warna primer dapat menutupi keseluruhan seluruh warna yang dipahami. Dia menunjukkan bahwa himpunan warna primer tidak unik, tapi itu pendahuluan spektral lebih luas dipisahkan dalam panjang gelombang yang dapat digunakan untuk menghasilkan jangkauan yang lebih luas dari warna yang dirasakan. Dia juga menyadari bahwa dengan beberapa pengurangan, keseluruhan warna dirasakan bisa ditutupi. Maxwell menyadari bahwa Kromatisitas (hue dan saturasi) dari permukaan warna relatif tidak sensitif terhadap kecerahan. Kerja Maxwell dapat dianggap sebagai dasar untuk kolorimetri modern.

Thomas Young menunjukkan bahwa mata memiliki tiga macam reseptor warna, secara kasar yaitu dengan warna primer merah, hijau, dan biru yang telah ditemukan berguna dalam pencocokan berbagai warna visual dengan warna aditif pencampuran. Ide ini menempatkan secara lebih kuantitatif oleh Hermann von Helmholtz dan kadang-kadang disebut teori Young-Helmholtz.

Percobaan rinci dilakukan pada Tahun 1920 menunjukkan bahwa pemilihan pendahuluan RGB memang bisa cocok dengan semua warna visual dalam kisaran tertentu disebut gamut, tetapi bahwa mereka tidak bisa cocok dengan semua warna spektral, terutama dalam kisaran hijau. Ditemukan bahwa jika sejumlah lampu merah ditambahkan ke warna yang cocok, maka semua warna bisa disesuaikan. Hasil kuantitatif dinyatakan dalam nilai tristimulus untuk pemilihan pendahuluan RGB, tapi itu diperlukan untuk memungkinkan nilai negatif untuk nilai tristimulus merah agar cocok dengan semua warna.



Pada Tahun 1931 International Commission de l'Eclairage (KIE) pindah untuk mendefinisikan sebuah sistem standar di mana semua nilai tristimulus akan positif dan di mana semua warna terlihat jelas dapat diwakili oleh dua Kromatisitas koordinat x, y. Pemetaan warna visual yang menyebabkan kurva tapal kuda sekarang akrab di x, y pesawat dikenal sebagai diagram Kromatisitas CIE. Ini adalah dasar untuk pengukuran warna yang paling kuantitatif saat ini.


Barulah sekitar Tahun 1965 bahwa percobaan fisiologis rinci dilakukan untuk mengukur penyerapan berbagai jenis kerucut pada mata. Percobaan diverifikasi dalil muda bahwa memang ada tiga jenis kerucut.

Tampaknya sekarang kita bisa menggunakan sesuatu yang mirip dengan kurva respon dari tiga jenis kerucut sebagai fungsi pencocokan warna, tetapi kurva CIE mapan sebagai kurva standar. Ada beberapa hal aneh tentang diagram Tahun 1931, Kromatisitas standar CIE. Sebagai Fortner dan titik Meyer keluar, "mencurahkan sejumlah besar real estate untuk berbagai nuansa hijau" dan sedikit ruang untuk warna seperti merah dan ungu yang lebih terdiferensiasi untuk mata. Pada Tahun 1976, baru standar CIE dirilis yang mengoreksi beberapa masalah dan menghasilkan sebuah diagram dimana jarak antara dua titik pada diagram adalah sebanding dengan perbedaan warna yang dirasakan. Namun, di Tahun 1976 ini, standar CIE telah gagal untuk mendapatkan penerimaan, dan baru pada Tahun 1931, standar CIE hampir secara universal digunakan.



Sumber : http://hyperphysics.phy-astr.gsu.edu/

Baca Selengkapnya ....

Sejarah Warna

Posted by Unknown 1 komentar


Warna telah diteliti dan digunakan lebih dari 2000 Tahun. Banyak peradaban yang berbeda telah bereksperimen, mempelajari, dan menggunakan warna.

Warna pada masa SM

Bangsa Mesir kuno tercatat sudah menggunakan warna untuk menyembuhkan penyakit. Mereka menyembah matahari, dan mengetahui bahwa cahaya adalah sumber kehidupan. Lantai candi, mereka warnai hijau - sebagai perlambang rumput yang kemudian tumbuh bersama sungai mereka, sungai Nil. Biru adalah warna yang sangat penting untuk orang Mesir, mewakili warna langit. Mereka membangun kuil untuk penyembuhan dan menggunakan batu permata (kristal) yang disinari sinar matahari sebagai media penyembuhannya. Ada beberapa daftar warna tertulis di papirus pada 1550 SM yang menjelaskan warna sebagai "obat".

Orang Yunani menganggap warna adalah hanya sebagai ilmu. Hippocrates, antara lain, meninggalkan sisi metafisik dari warna, berkonsentrasi hanya pada aspek ilmiah.

Bangsa Cina juga mempraktekkan penyembuhan melalui media warna. Hal ini terlihat dari catatan diagnosis warna para Nei/ching, 2000 Tahun yang silam.

Beberapa penelitian awal dan teori tentang cahaya kemudian dilakukan oleh Aristoteles. Dia menemukan bahwa dengan pencampuran dua warna akan dihasilkan warna baru yang ketiga. Dia melakukan ini dengan sepotong kuningan dan biru dari kaca, yang ketika dibawa bersama-sama menghasilkan hijau. Dia juga menemukan bahwa perjalanan cahaya dalam gelombang. Plato dan Pythagoras juga mempelajari tentang cahaya.

Studi warna di abad pertengahan

1611 - Finlandia - Sistem warna tertua yang diketahui diteliti oleh Astronom, Imam dan Neoplatonist Aron Sigfrid Forsius (1569-1637). Dalam lingkaran warna nya, antara warna Hitam dan Putih, Merah telah ditempatkan di satu pihak sejak jaman klasik, dan Biru di sisi lain; Kuning kemudian muncul antara Putih dan Merah, Kuning pucat antara Putih dan Kuning, Orange antara kuning dan Merah.

1613 - Belgia - Franciscus Aguilonius (1567-1617) adalah seorang imam Yesuit di Brussels ketika diagram warna nya muncul pada 1613 dalam sebuah karya optik. Ini mungkin merupakan sistem tertua untuk menggunakan trio warna merah, kuning dan biru dimana didefinisikan dalam divisi linier.

1659 - Belanda - Rembrandt (c.1606-1669). Rembrandt memahami teori warna kuning gelap sampai coklat dan merah setengah kuning hingga terlalu gelap sampai coklat. Masalah muncul ketika coklat yang gelap dengan hitam, bukan sebaliknya warna Biru Ultramarine nya.

1672 - Inggris - Isaac Newton (1642-1726) merencanakan roda warna pertama. Teori "Optik" nya memiliki ide yang tepat dalam membagi prisma. Namun ia memilih warna yang salah, magenta dan cyan hilang. Magenta tidak muncul dalam spektrum kristal. Ini adalah 32 tahun yang lalu, sebelum teori warnanya diterbitkan.

1705 - Bister, kuning transparan sampai coklat, duel-tone warna berbahan scorched beech. Terutama pigmen warna berbahan dasar air.

1724 - Prussian Blue, warna dual-tone transparan yang semakin dekat dengan cyan transparan. Warna massa mendalam memiliki kualitas hitam-hijau yang menghasilkan "ungu gelap". Besi dan gas "sianogen". Dipanaskan Prussian Blue membuat Prusia Brown permanen.

1731 - Perancis - Jacques Christopher Le Blon, (1667-1742), menemukan tiga palet warna dasar dan menunjukkan sistemnya dengan pewarna banyak, namun ia tidak melanjutkan penelitian sistem warnanya.

1755 - Jerman - Mathametician Tobias Mayer (1723-1762) mengembangkan teori warna dengan matematika, dimana seleksi warna triad (Merah, Biru dan Kuning) dibuat. Dua tahun kemudian, Mayer mencoba untuk mengidentifikasi jumlah warna yang tepat, dimana mata mampu melihatnya.

1766 - Inggris - Penggunaan pertama yang diketahui dari roda warna ini dikembangkan oleh Musa Harris (1731-1785), meneliti warna Merah, Kuning dan Biru, termasuk Hitam sebagai satu-satunya warna netral.

1772 - Jerman - Astronom J. Heinrich Lambert (1728-1777) mempresentasikan tiga dimensi pertama siatem warna.

1772 - Austria - Ignaz Schiffermüller menerbitkan bukunya lingkaran warna di Wina berdasarkan empat warna, merah, biru, hijau dan kuning.

1775 - Jerman - Segitiga warna Tobias Mayer pertama kali diterbitkan oleh fisikawan Göttinger George Christopher Lichtenberg.

1788 - Emerald hijau, arsinate tembaga (dan warna yang paling beracun) tidak dapat ditandingi oleh unsur lainnya. Juga, ternyata kadmium menjadi hitam.

1780 - Imitasi Biru Cobalt. Kobalt biru aluminat spinel, diganti dengan oksida kobalt dikalsinasi alami, 1802, tidak pernah menjadi warna yang tepat lagi.

1788 - Inggris - Mosas Harris dan Gainsborough membuat roda warna delapan belas, sekali lagi tanpa Cyan atau Magenta. Mereka juga menempatkan Biru Oranye yang berlawanan, dan merupakan kesalahan kedepannya.

1790 - Inggris. Sebuah roda warna baru, yang pertama dibuat untuk cahaya, bukan pigmen. Menggunakan Merah, hijau dan biru sebagai primary, diperkenalkan oleh Movwell.

1809 - Jerman - roda warna Philipp Otto Runge memiliki Putih di bagian atas dan hitam di bagian bawah, bungkus warna sekitar pertengahan bola, Dia memilih warna primer yang salah: Merah gelap, Kuning, dan Biru ditambah pigmen hitam untuk warna.

1800 - Artis sekarang memiliki palet triad transparan dalam tabung untuk pertama kalinya. Tiga dicampur ke dalam gelap netral yang bisa didorong hangat atau dingin.
1.Transparent Kuning duel-tight India.
2.Transparent duel-tight Madder Lake (dekat dengan Magenta).
3.Prussian biru, warna besi transparan berbasis dekat dengan Cyan.

1810 - Jerman - Johann Wolfgang Goethe (1749-1832) membuat roda segitiga warna berpotongan ganda. Sebuah roda enam warna tanpa Magenta atau Cyan. Merah Darah adalah berlawanan Emerald Green bukan Cyan.

1810 - Jerman - Pelukis Philipp Otto Runge memperkenalkan versiny tentang konstruksi bola warna setelah delapan tahun bekerja dengan warna.

1826 – Alizari, ditemukan di Danau Madder akar alami, purpurin itu dikurangi dengan asam sulfat.

1828 - Sintetis Ultramarine, Biru, terbuat dari tanah liat, soda, belerang, batubara dan panas.

1839 - Perancis - Sebuah roda warna dua belas dibuat oleh ahli kimia Michel Eugène Chevreul (1786-1889). Kuning, Merah, dan Biru lagi, komplemen dan gambarnya salah, Kuning tidak ungu berlawanan, Biru tidak Oranye Merah berlawanan dan tidak komplemen dari Green. Melengkapi "Kontras Simultan Color" dengan membuat lumpur. Dia tidak pernah menyelesaikan model solid dan dia tidak dapat menemukan hukum keselarasan warna.

1858 – Verguin menemukan Magenta (fuchsin), pewarna dasar 2 yang pada saat itu superceded penggunaan Mauve.

1859 - Inggris - James Clerck Maxwell (1831-1879), ahli fisika, menerbitkan " Teori Visi Warna " nya, yang dipandang sebagai asal dari ilmu kolorimetri (Pengukuran warna kuantitatif).

1859 - Italia - Magenta adalah nama baru dari warna pink-ungu kaya yang berasal dari lokasi pertempuran berdarah di Italia meskipun Magenta tidak merah darah. Itu transparan, tetapi juga disebut Solferino.

1860 - Jerman - Sebuah penemuan Jerman, adalah "Violet Cobalt", (Fosfat Kristal Cobaltous, oksida kobalt oksida dikalsinasi dan fosfor), warna Magenta dingin, dan diperlukan untuk membuat warna yang jatuh antara antara Magenta dan Cyan termasuk Biru dan Azure, (tidak ada unsur lain dapat membuat warna ini). Kadang-kadang mengandung arsen dan gelap (arsenat Oksida Cobaltous).

1862 - Jepang - roda warna Jepang diakui ada lima warna: Putih, Kuning, Merah, Hitam dan Ultra Blue yang merupakan teori warna baru. Kuning berasal dari Putih, Biru dari Black, tidak ada Magenta ataupun Cyan. Spektrum prisma internal adalah sama.

1868 - Jerman - warna Jerman baru diperkenalkan Violet Mangan (Klorida Mangan, Asam fosfat dan karbonat Amonium), serta sebuah warna Cool Magenta permanen.

1868 - Inggris - Arsitek William Benson diusulkan dan dipublikasikan dalam penelitian sistem warna berbentuk kubus (teori kubus warna).

1870 - New Dark Color yaitu warna permanen Cerulean Blue (Cobaltous stannate: kobalt oksida dan oksida timah).

1874 - Jerman - Wilhelm von Bezold (1837-1907) memperkenalkan kerucut warna-nya. didasarkan pada Red, Green dan Blue sebagai pendahuluan.

1874 - Jerman - Wilhelm Wundt (1832-1920), Psikolog dan Filsuf, memperkenalkan nya bola warna yang memiliki delapan warna dasar: putih dan hitam ditempatkan di kutub, dan ekuator terdiri dari delapan warna hijau, hijau-biru, biru , ungu, ungu, merah, kuning dan kuning-hijau yang membentuk lingkaran dengan abu-abu dipusatnya.

1878 - Austria - Ewald Hering fisiolog (1834-1918) berteori tiga set lawan dari warna, Kuning dan Biru, Merah dan Hijau, dan Hitam dan Putih. Sebuah konsep yang berbeda dalam pemahaman murni fenomenal atau fisik warna.

1879 - Amerika Serikat - Amerika Nicholas Odgen Rood (1831-1902) membuat sebuah model warna kerucut ganda, atau dalam pengertian "ilmiah"-nya lingkaran warna, yang telah dibangun atas dasar percobaan menggunakan cakram berputar, warna-titik yang ditempatkan tepat kebalikannya mitra komplementer. Ia memiliki Putih di atas Hitam dan di bagian bawah: Merah, Hijau dan Biru sebagai tiga serangkai. Meskipun kontribusi besar untuk warna, Magenta dan Cyan masih belum ada.

1881 - Perancis - Perancis Artist Seurat, (1859-1891) tauts "pointalism", cara ilmiah baru yang mencakup kebodohan bahwa Red adalah kebalikan dari Green, walaupun mereka tidak harmoni.

1886 - Jerman - Yang pertama dan pada saat yang sama standar terakhir dari warna pigmen untuk seniman disajikan oleh AW Keim, dari "Deutche Gesellschatf zur Forderung rationeller Malverfahren" (Masyarakat Jerman untuk Promosi Metode Rasional dalam Lukisan). Warna-warna ini dianggap perlu dan dipilih yang "terbaik" oleh seniman untuk mengatur kontrol untuk pigmen warna dalam upaya menjamin karakteristik warna dan bahan.
1. Putih Timbal
2. Seng Putih
3. Kadmium Cahaya Kuning Menengah dan Orange
4. India Kuning
5. Naples Yellow Light dan Kegelapan
6. Kuning Brown, Ochers Alam dan Burnt Sienna dan
7. Merah Oker
8. Besi Oksida warna
9. Grafit
10. Alizarin Crimson Madder Lake (pigmen Magenta berwarna)
11. Merah terang
12. Umbers
13. Cobalt Blue, asli dan sintetis
14. Biru, Alam dan Sintetis
15. Paris-Prussian Blue
16. Oksida Kromium, Dark Viridian dan Transparan
17. Green Earth
18. Gading Hitam
19. Vine Hitam
Catatan: Kuning Indian Duel-Tone dan Unmatchable Naples Yellow (maded LEAD Antimony) dinilai sangat diperlukan dengan standar warna yang tepat. Tapi, warna-warna ini dihilangkan oleh GEREJA-Oswalt dari bagan warna mereka karena kebijakan Inggris.

1890 - Thomas Young dan Von Heimholtz mengembangkan teori gelombang cahaya.

1905 - Amerika Serikat - Pelukis Albert Munsell Henry (1858-1918) menciptakan sebuah teori "delapan roda warna". Roda-Nya adalah Cyan tidak ada dan keterkaitan warnanya tidak benar. Gelap dengan warna Hitam, dicampur dengan Gray, dan diwarnai dengan Putih, hingga kini masih dipelajari.

1909 - Red Cadmium ditemukan.

1915 - Amerika Serikat - Dalam publikasi Munsell tentang Atlas Warna, ia memperkenalkan sebuah urutan warna - juga dikenal sebagai "pohon warna" karena profil luarnya tidak teratur maka dikelompokkan sekitar skala abu-abu-tengah vertikal. Munsell dibangun sistemnya sekitar lingkaran dengan sepuluh segmen, mengatur warna tersebut pada jarak yang sama dan memilih mereka sedemikian rupa sehingga akan mengakibatkan campuran achromatic (compensativity).

1916 - Jerman - Wilhelm Ostwald (1853-1932), pemenang hadiah Nobel untuk kimia, dikompilasi Farbenfibel Die nya (The Primer Color). Lingkaran warna-Nya adalah dua kerucut yang bertemu pada lingkar datar dari kalangan atas. Roda warna terakhir adalah persegi, dikutip dari catatan kuliah Gereja-Ostwald. Memiliki Kuning, Merah, Hijau dan Laut Biru di sudutnya.

1923 - Amerika Serikat - Pengenalan warna-pencocokan pertama, di mana sampel bisa disesuaikan di bawah berbagai sumber cahaya. Penelitian hanya di siang hari saja, dan sangat tidak konsisten yang digunakan untuk mencocokkan warna.

1950 - Amerika Serikat - ROYGBIV (Red, Orange, Kuning, Hijau, Biru, Nila, Ungu) adalah "tujuh roda warna", merusak dan menghalau kesatuan oposisi warna. Lebih banyak bukti bahwa roda warna telah disalah-pahami oleh setiap generasi sejak masuk dan keluar dari perguruan tinggi.

1990 - Amerika Serikat - Sebuah "teori warna" baru diciptakan oleh Color Your Carpet, Inc untuk sistem pencelupan tekstil, khususnya karpet dan permadani.

1992 - Amerika Serikat - Sebuah "Roda Warna" baru diproduksi oleh "Perusahaan Roda Warna" yang didasarkan pada CYMK (Cyan, Yellow, Magenta dan Black) dengan menggunakan plastik film tipis dan tone-setengah dpi (titik per-inci-persegi) warna. Ini merupakan roda warna yang dijual untuk pencetakan, grafis dan perusahaan tekstil. Sangat terbatas dalam penggunaan praktis karena hanya 40.000 warna yang mungkin untuk ditampilkan. Dalam industri ini, persis seperti pada komputer, 16 juta + warna yang mungkin (tergantung pada jumlah situs pewarna tersedia) dalam warna transparan benar ketika pewarna adalah media mewarnai.

1995 - Amerika Serikat - Daniel Smith mencetak "Square Color" menggunakan "LAB" color chart. Dengan White dan Black menjadi kutub, sistem ini karena tidak artis yang perlu bekerja sama dengan oposisi benar, bagaimanapun, ini lebih cocok untuk industri foto dan pencetakan. Model ini memiliki warna oposisi, Kuning dan Biru, di atas dan bawah. Magenta dan Green berada di sisi. Sebuah sistem nomor plus dan minus menghubungkan persegi dengan warna-warna ini sebagai pendahuluan.

1996 - Amerika Serikat - Sebuah "Roda Warna" baru yang brilian, yang disebut Color Wheel Real ", diciptakan oleh "Don Jusko". Ini teori baru yang lebih benar-benar mewakili warna transparan dan keterkaitannya satu dengan lainnya. Ada 12-36 warna dasar dalam "Color Wheel Real", yang bergabung dengan pigmen dan roda warna cahaya menjadi satu, berdasarkan sifat penglihatan mata "after image."



Sumber : http://www.colourtherapyhealing.com/
              http://coloryourcarpet.com/

Baca Selengkapnya ....

Membuat Video Streaming Server dengan Windows Media Encorder

Posted by Unknown Rabu, 21 November 2012 0 komentar
A.Pengertian
video streaming adalah sebuah aplikasi dimana Anda bisa melihat langsung video yang di sharing oleh server pada satu halaman web tanpa harus download terlebih dahulu

B.Cara Kerja Di Komputer Client
  • Misalkan server http://streaming.kelompok5.com mensharing video publik-nya melalui web, maka client yang terubung kedalam jaringan server tersebut dapat mengakses video tersebut atas izin server streaming.
  • Pada komputer client, kita hanya perlu membuka web browser seperti firefox untuk mengakses video tersebut dengan cara mengetikkan URL-nya pada address box. Maka kita dapat menikmati fasilitas video streaming tersebut
C.Cara Kerja Di Komputer Server
  • Pada komputer server bertugas untuk men-sharingkan videonya melalui web agar mudah di akses oleh client tanpa memasukkan nomor IP. Misalkan, kita menyimpan videonya di http://streaming.kelompok5.com, maka di komputer client hanya perlu mengetik URL http://streaming.kelompok5.com dan kita tidak perlu mengetikan nomor IP.
D.Hardware Dan Software Yang dibutuhkan
  • Hardware yang dibutuhkan:
-1 Buah PC/Laptop sebagai Server Streaming(dengan webcam)
-1 Buah/lebih PC/Laptop sebagai client
-Media Jaringan(seperti Kabel UTP,wireless,dsb)
  • Software yang dibutuhkan dalam membuat aplikasi streaming diantaranya:
-Apache 2.0.52
-PHP 4
-Windows Media Encorder
-Namo Web Editor

E.Tahap Installasi Video Streaming
  • Installasi Apache+PHP
  • Konfigurasi Apache +PHP
  • Installasi windows media encorder
  • Membuat file streaming di WME
  • Membuat streaming menjadi format “index.html” dengan menggunakan Namo Web editor
  • Menyimpan File index.html di direktori Apache
  • Men-sharing video streaming yang telah kita buat sebelumnya
  • Membuka streaming di PC client
ANDA DAPAT MENDOWNLOAD TUTORIAL LENGKAP TAHAP INSTALLASI VIDEO STREAMING


Baca Selengkapnya ....

Konfigurasi FTP Server di Linux Slackware 12.1

Posted by Unknown 0 komentar
FTP (File Transfer Protocol) dari namanya jelas FTP merupakan protokol yang didesain untuk melakukan transfer file dalam jaringan. FTP menggunakan dua buah port dalam proses transfer dan download, yaitu port 20 (data port) dan 21 (command port). Namun, anda bisa saja mengganti data port dapat menggunakan port selain 20.Saat ini, banyak terdapat software yang dapat kita gunakan untuk membuat server FTP, misalnya :  VSFTPD, ALFTP, WSFTP, PureFTPd, G6 FTP, proftpd, FileZilla server, dan sebagainya. Keterangan mengenai kelebihan dan kekurangannya dapat anda cari melalui internet.User FTP dapat dibedakan menjadi dua, yaitu normal user dan anonymous. Normal user dapat berupa user pada server tersebut, atau user yang didefinisikan menggunakan LDAP, MySQL, dan sebagainya. Sementara, anonymous adalah user khusus bagi orang umum yang tidak memiliki user pada mesin/database yang digunakan tersebut. Biasanya, untuk user anonymous tersebut, orang membuat user baru bernama ‘ftp’ dengan privilege seminim mungkin, untuk keamanan.Berikut ini Konfigurasi FTP di Linux Slackware buatan gw:
  • Bukalah file konfigurasi FTP dengan cara vi  /etc/vsftpd.conf, Editlah file-file berikut ini:
write_enable=YES
dirmessage_enable=YES
nopriv_user=vsftpd
ftpd_banner="Welcome to Runx Bex Website."
local_enable=YES
local_umask=077
chroot_local_user=YES
anonymous_enable=NO
log_ftp_protocol=YES
xferlog_enable=YES
vsftpd_log_file=/var/log/vsftpd.log
connect_from_port_20=YES
pam_service_name=vsftpd
listen=YES
ssl_enable=NO
pasv_min_port=30000
pasv_max_port=30100
local_root=/home/$USER
user_sub_token=$USER
keterangan option:
write_enable digunakan untuk menjalankan perintah-perintah yang berhubungan filesystem.
dirmessage_enable: Jika diaktifkan maka akan menampilkan pesan setelah mengakses sebuah direktori
nopriv_user: untuk menetukan user yang tidak memiliki akses ke FTP Server
ftpd_banner=” Welcome to Runx Bex Website.” digunakan untuk menampilkan pesan selamat datang pada saat pertama kali login
local_enable: Jika diaktifkan, maka user dapat mengakses
local_umask :D igunakan untuk mengatur permisi dari satu file
chroot_local_user:Jika diaktifkan, user lokal
anonymous_enable=NO digunakan agar anonymous user tidak bisa login
local_root=/home/$USER digunakan untuk inisialisasi direktori user
  • Editlah file ftpusers dengan cara vi  /etc/ftpusers Rubah root menjadi #root
  • Test Koneksi FTP di client

Baca Selengkapnya ....

Installasi web server di Linux Slackware

Posted by Unknown 0 komentar
Kalian berfikir,pasti ingin dapat mempunyai domain seperti www.tavgreen.com atauwww.octaviano.com dengan gratis dan tidak menyewa domain gratis lagi di penyedia layanan domain gratis seperti di “co.cc” ataupun di “blogspot.com”. Kalian pun pasti penasaran dan ingin mengetahui cara pembuatan domain sendiri, kalian dapat bebas sesuka hati kalian untuk dapat mempunyai domain sendiri dalam jaringan Intranet maupun Internet(jika terdapat IP public).dengan bantuan layanan web server “apache” kita dapat sesuka hati kita untuk mengelola domain dan mempunyai web beberapa pun asalkan space hardisk milik kita masih mencukupi. gw bakal ngasi tutorial cara membuat web server di mesin slackware milik kita. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat web server:
  • Pertama-tama ubahlah atribut file apache di mesin slackware. Agar setiap kali boot, apache langsung aktif.
  • Apache baru akan aktif jika Anda merebot komputer Anda. Jadi instruksi diatas akan mengaktifkan apache setiap kali komputer dihidupkan secara otomatis.Tidak perlu reboot
  • 1
  • Jalankan apache dengan perintah
2
Berikut ini adalah syntax dalam apache:
/usr/sbin/apachectl -k start untuk men-start apache
/usr/sbin/apachectl -k restart untuk merestart apache
/usr/sbin/apachectl -k stop instruksi untuk men-stop apache
/usr/sbin/apachectl configtest Tes dulu konfigurasi baru
  • Ketikan syntax : “lynx localhost” untuk menguji apakah localhost sudah benar & jalan. Apabila terdapat bacaan seperti dibawah ini, maka koneksi apache sudah jalan, tinggal konfigurasi web server nya
3
  • Bukalah file utama dari apache, dengan cara “vi /etc/httpd/httpd.conf” editlah beberapa file berikut ini:
5
  • Keterangan dari gambar diatas:
-serverAdmin ganti dengan e-mail admin anda,misalnya ketikan tavbud@runxbex.com
-Server name adalah nama dari server anda, yang telah dibuat di dns,misalnya www.runxbex.com
-Document root adalah tempat anda menyimpan file-file server anda, ganti keterangan-nya dengan tempat menyimpan web anda misalnya anda menyimpan web anda di “/var/www/public_html”
  • Gantilah keterangan pada directory anda,seperti dibawah ini:
< Directory “/var/www/public_html” >
Options Indexes FollowSymLinks
AllowOverride None
Order allow,deny
Allow from all
< /Directory >
  • Pada directory Index, tambahkan index.php dan index.htm agar apache dapat membaca file yang ber ekstensi php
6
Agar halaman .php dapat jalan, Cari baris #Include
/etc/httpd/mod_php.conf (di bagian bawah ).
Hilangkan tanda # baris diatas.
Anda dapat mengecek hasil ‘oprekan’ httpd.conf (apa syntaks sudah benar, atau Anda
melakukan kesalahan konfigurasi pada httpd.conf) dengan mengetikan instruksi :
#/usr/sbin/apachectl configtest.
Jika Oke, maka Apache akan memberikan komentar : Syntax OK
Keluar dari file “/etc/httpd/httpd.conf” kemudian restart lah apache, namun akan keluar syntax yang salah dari apache, karena folder public_html tidak ada.
  • Buatlah directory public_html yang berada di “/var/www” setelah itu buatlah file index.html yang berada di folder public_html
7
  • Editlah file public_html anda,file itu adalah root dari website anda.
  • setelah anda selesai meng-edit file index.html, selanjutnya adalah restart apache kemudian masuk ke browser dan ketikan url web anda, jika konfigurasi anda benar, maka seharusnya muncul tulisan sesuai dengan file index.html yang anda edit barusan:
8
Apache dapat menjalankan banyak situs sekaligus.Misalkan www.tavgreen.com atauwww.myspace.com , semua situs ini dapat dijalankan dengan fasilitas virtual host. Untuk bagian ini, virtual host dijalankan dengan share IP Address. Jadi sebuah IP Address dapat menjalankan banyak situs sekaligus.
  • Bukalah file “/etc/httpd/httpd.conf” kemudian editlah syntax berikut ini, hilangkan ‘tanda #’ agar vhosts nya enable
10
  • Editlah file “/etc/httpd/extra/httpd-vhosts.conf” untuk menambahkan virtual host.
  • Berikut ini adalah contoh file virtual host yang telah dimodifikasi.
5
Restart apache kemudian coba jalankan web di browser anda

Baca Selengkapnya ....
Modified by info update - Panduan Blogging SEO. Original by Bamz | Copyright of Creativepio Lombok Island.